RI Dapat Pinjaman Rp7,02 Triliun dari Bank Dunia

    Eko Nordiansyah - 22 Januari 2021 12:09 WIB
    RI Dapat Pinjaman Rp7,02 Triliun dari Bank Dunia
    Ilustrasi Bank Dunia - - Foto: dok AFP
    Jakarta: Indonesia memperoleh pinjaman sebesar USD500 juta atau setara Rp7,02 triliun (kurs Rp14.050) dari Bank Dunia. Pinjaman ini untuk memperkuat ketahanan keuangan dan fiskal Indonesia dalam menghadapi berbagai bencana.

    Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen mengatakan pinjaman tersebut akan membantu pemerintah membangun dan memperkuat respons finansial terhadap bencana alam, risiko iklim, dan tantangan terkait kesehatan.

    "Guncangan dan bencana seperti itu terus menerus menjadi ancaman bagi kemajuan pembangunan Indonesia," katanya dalam keterangan resminya, Jumat, 22 Januari 2021.

    Dari 2014 hingga 2018, pemerintah pusat membelanjakan antara USD90 juta dan USD500 juta per tahun untuk tanggap bencana dan pemulihan. Sementara pemerintah daerah diperkirakan mengeluarkan tambahan USD250 juta pada periode yang sama.

    "Biaya bencana diperkirakan akan terus meningkat karena perubahan iklim dan pertumbuhan perkotaan, menambah beban belanja publik. Kebutuhannya sangat mendesak sekarang, dengan Indonesia mengalami berbagai dampak keuangan, fiskal, dan sosial akibat pandemi covid-19," ungkapnya.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kesiapsiagaan finansial menghadapi bencana, permasalahan iklim, dan krisis kesehatan seperti covid-19 semakin penting bagi Indonesia. Oleh karena itu, dukungan pembiayaan dari Bank Dunia menjadi sangat penting.

    "Dukungan ini akan membantu pemerintah memberikan respon yang lebih tepat sasaran dan tepat waktu, mengurangi dampak bencana dan membantu melindungi kemajuan pembangunan Indonesia," ujar Sri Mulyani.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id