Menkeu Proyeksi Ekonomi RI Tumbuh 4,3% di Kuartal III

    Husen Miftahudin - 25 Oktober 2021 19:34 WIB
    Menkeu Proyeksi Ekonomi RI Tumbuh 4,3% di Kuartal III
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: Medcom/ Husen Miftahudin



    Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2021 berada pada posisi 4,3 persen. Angka ramalan itu berada di atas batas bawah kisaran target APBN yakni empat persen hingga lima persen.

    "Kinerja ekonomi kita dengan perbaikan ini memberikan suatu optimisme untuk merevisi kuartal ketiga kita. Outlook dari pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga kita membaik menjadi 4,3 persen," ucap Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa secara virtual, Senin, 25 Oktober 2021.

     



    Meskipun demikian, Bendahara Negara ini mengakui proyeksi pertumbuhan ekonomi domestik di kuartal ketiga lebih rendah ketimbang kuartal II-2021. Pada kuartal sebelumnya itu, ekonomi Indonesia tumbuh menjulang hingga 7,07 persen.

    Di sisi lain, ia memaklumi adanya penurunan pada pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga. Ini disebabkan oleh meluasnya varian delta covid-19, sehingga memaksa pemerintah untuk kembali membatasi aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat.

    Di kuartal ketiga kita mengalami delta varian yang begitu sangat tinggi yang itu menyebabkan koreksi terhadap pemulihan ekonomi kita di kuartal ketiga. Namun koreksinya kita lihat tidak akan terlalu dalam, artinya masih bertahan di 4,3 persen," ungkap dia.


    Secara keseluruhan tahun ini, Sri Mulyani memperkirakan ekonomi Indonesia akan berada di kisaran 4,0 persen. Ini disokong oleh pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2021 yang berpotensi rebound.

    Di samping itu, angka perkiraan ekonomi RI oleh Sri Mulyani untuk keseluruhan tahun 2021 mempertimbangkan pemulihan berbagai kegiatan ekonomi di negara-negara lain, seperti Tiongkok, Amerika Serikat (AS), hingga kawasan Eropa.

    "Rebalancing dari berbagai kegiatan ekonomi seperti di Tiongkok, dan kemudian di AS dan Eropa akan mempengaruhi outlook di kuartal keempat dan terutama untuk tahun depan. Jadi overall untuk tahun ini kita akan memperkirakan pertumbuhan ekonomi di 4,0 persen dimana kuartal ketiga adalah 4,3 persen," pungkas Sri Mulyani.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id