APBN Jadi Kunci untuk Menahan Tekanan Akibat Pandemi

    Eko Nordiansyah - 01 Agustus 2021 12:59 WIB
    APBN Jadi Kunci untuk Menahan Tekanan Akibat Pandemi
    Ilustrasi. Foto: dok.MI



    Jakarta: Pemerintah fokus pada penanganan pandemi dan program perlindungan sosial serta dukungan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pelaksanaan pembatasan kegiatan. Kebijakan pembatasan kegiatan ini bertujuan untuk menurunkan kasus covid-19.

    Berbagai penyesuaian kebijakan melalui instrumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) juga telah dilakukan dengan cepat dalam rangka untuk melindungi masyarakat, baik dalam hal penanganan penyebaran covid-19 maupun melindungi masyarakat dari segi sosial dan ekonomi.

     



    “Tentu ini membuat dampak yang luar biasa bukan tidak hanya bagi masyarakat yang tiba-tiba tidak dapat beraktivitas, tetapi juga pada perekonomian secara keseluruhan," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatawarta dalam keterangan dilansir di Jakarta, Minggu, 1 Agustus 2021.

    Pada saat seperti itu, Isa menjelaskan, APBN masuk kemudian melakukan suatu intervensi dalam penanganan pandemi. Tidak hanya dari sisi kesehatan saja, tetapi juga untuk menjaga agar ekonomi tetap mampu bertahan.

    "Yang membuat kita tidak terpuruk terlalu dalam, yang membuat kita mampu bertahan, bahkan mungkin kita nanti menjadi pemenang dengan mendapatkan kondisi yang lebih baik daripada sebelum kita mengalami krisis pandemi," ungkapnya.

    Sebagai upaya untuk menyosialisasikan kebijakan anggaran ini, Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu melaksanakan Budget Goes to Campus. Dengan tema Kebijakan PPKM dan Upaya Pemerintah Untuk Melindungi, kegiatan ini melibatkan mahasiswa dan masyarakat umum dalam rangka memberikan edukasi yang komprehensif tentang pengelolaan APBN.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id