Pemerintah Bakal Tetap Kenakan PPh Minimum 1% bagi Perusahaan Meski Rugi

    Eko Nordiansyah - 05 Juni 2021 14:05 WIB
    Pemerintah Bakal Tetap Kenakan PPh Minimum 1% bagi Perusahaan Meski Rugi
    Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo.



    Jakarta: Pemerintah berencana mengenakan pajak penghasilan (PPh) minimum satu persen bagi wajib pajak badan yang merugi. Pengenaan pajak minimum dilakukan apabila pada suatu tahun pajak memiliki PPh terutang tidak melebihi satu persen dari penghasilan bruto dikenai PPh minimum.

    Mengutip draf RUU KUP TA PPN PPh, dilansir Medcom.id, Sabtu, 5 Juni 2021, ketentuan ini ada dalam Pasal 31F dalam rencana revisi kelima Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

     



    Pajak penghasilan minimum dihitung dengan tarif satu persen dari dasar pengenaan pajak berupa penghasilan bruto. Pajak penghasilan minimum yang dihitung merupakan pajak penghasilan terutang pada tahun pajak dikenakannya pajak penghasilan minimum.

    Penghasilan bruto merupakan seluruh penghasilan yang diterima atau diperoleh wajib pajak badan baik dari kegiatan usaha maupun dari luar kegiatan usaha pada suatu tahun pajak sebelum dikurangi biaya-biaya terkait, tidak termasuk penghasilan yang dikenai pajak yang bersifat final dan penghasilan yang bukan objek pajak.

    Adapun ketentuan mengenai batasan satu persen dari penghasilan bruto dan/atau besarnya tarif dan/atau dasar pengenaan pajak penghasilan minimum dapat diubah dengan Peraturan Pemerintah.

    Sementara itu, wajib pajak badan dengan kriteria tertentu dikecualikan dari pajak penghasilan minimum. Dalam hal terhadap wajib pajak badan dilakukan pemeriksaan, pajak penghasilan minimum diperhitungkan dalam penetapan pajak yang terutang berdasarkan hasil pemeriksaan.

    Kemudian, ketentuan mengenai tata cara penghitungan pajak penghasilan minimum, wajib pajak badan dengan kriteria tertentu, dan pajak penghasilan minimum yang diperhitungkan diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id