Diprediksi Turun 15%, Penerimaan Negara 2020 Direvisi Jadi Rp1.699 Triliun

    Eko Nordiansyah - 24 Desember 2020 09:03 WIB
    Diprediksi Turun 15%, Penerimaan Negara 2020 Direvisi Jadi Rp1.699 Triliun
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO: MI/ARYA MANGGALA
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan penerimaan negara akan mengalami penurunan hingga 15 persen pada tahun ini. Akibat pandemi covid-19, pemerintah merevisi target penerimaan negara dari Rp2.233,2 triliun menjadi Rp1.699,9 triliun.

    "Penerimaan negara tertekan sangat besar, jadi dalam hal ini pendapatan negara diestimasikan turun 15 persen," kata dia, dalam video conference, di Jakarta, Rabu, 23 Desember 2020.

    Ia menambahkan penerimaan pajak diprediksi juga turun akibat perekonomian yang melambat. Di sisi lain pemerintah memberikan berbagai insentif perpajakan yang dimaksudkan untuk membantu dunia usaha bertahan di tengah pandemi.

    "DJP sekarang menghadapi kondisi di mana satu sisi harus kumpulkan penerimaan pajak, di sisi lain beri dukungan dan membantu wajib pajak untuk mendapat insentif perpajakan. Ini kita berharap untuk bisa tetap menjaga perekonomian," ungkapnya.

    Untuk penerimaan pajak, Sri Mulyani menyampaikan, realisasinya sudah mencapai Rp1.019,56 triliun sampai dengan 23 Desember 2020. Realisasi ini sudah 85,6 persen dari dari target dalam Perpres 72/2020 sebesar Rp1.198,8 triliun.

    Lebih lanjut, ia mengingatkan agar jajaran Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan tetap memberikan pelayanan kepada para wajib pajak. Berbagai cara dilakukan untuk mengumpulkan penerimaan negara, termasuk memanfaatkan teknologi.

    "Saya juga melihat beberapa inovasi dilakukan DJP, seperti melakukan 3C, yakni click, call, and counter. Ini tujuannya untuk mengubah pelayanan menuju kepada era digital. Sampai akhir tahun ini sudah ada 46 layanan digital yang terotomatisasi dan empat layanan backend office," pungkas dia.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id