Estimasi Kerugian Akibat Covid-19 di 2020 Capai Rp1.356 Triliun

    Eko Nordiansyah - 29 April 2021 16:11 WIB
    Estimasi Kerugian Akibat Covid-19 di 2020 Capai Rp1.356 Triliun
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: AFP



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, estimasi kerugian selama pandemi covid-19 pada 2020 adalah sebesar Rp1.356 triliun atau 8,8 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Kerugian ini timbul karena ekonomi harus mengalami tekanan akibat pandemi.

    Sri Mulyani mengungkapkan, pandemi memang memberi tekanan luar biasa dalam berbagai hal. Pada tahun lalu, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen. Namun realisasinya, ekonomi harus terkontraksi hingga minus 2,07 persen.






    "Pertumbuhan ekonomi 2020 sebelum covid ditargetkan 5,3 persen dan berakhir dengan minus dua persen. Maka nilai kerugian yang hilang diestimasi Rp1.356 triliun atau 8,8 persen dari GDP 2020," kata dia dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat 2021, Kamis, 29 April 2021.

    Ia menambahkan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) menjadi instrumen utama sebagai countercyclical untuk menahan dampak covid-19. Namun kerja keras anggaran menyebabkan pelebaran defisit anggaran yang mencapai 6,09 persen dari PDB.

    "Kalau kita lihat belanja negara meningkat, sementara pendapatan negara mengalami penurunan maka kita meningkat dari sisi defisit yang di atas tiga persen yang selama ini selalu menjadi kebijakan keuangan negara kita," ungkapnya.

    Sementara tahun ini, ia menyebut, kebutuhan anggaran sebagai countercyclical masih dibutuhkan karena pandemi masih berlangsung. Meski begitu, Sri Mulyani berkomitmen bahwa defisit anggaran akan diturunkan secara bertahap sampai 2023.

    "Kita masih melihat kebutuhan belanja yang meningkat dan penerimaan negara yang belum sepenuhnya pulih, karena kita selalu tetap memberikan dukungan bagi sektor usaha dan masyarakat yang masuk di dalam kondisi menghadapi covid ini dan sekali lagi 2021 defisit juga melonjak di atas tiga persen," pungkas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id