RI Dapat Pinjaman Rp15,4 Triliun dari Pemerintah Australia

    Eko Nordiansyah - 12 November 2020 11:44 WIB
    RI Dapat Pinjaman Rp15,4 Triliun dari Pemerintah Australia
    Ilustrasi pinjaman luar negeri - - Foto: dok AFP
    Jakarta: Pemerintah Indonesia mendapatkan pinjaman sebesar 1,5 miliar dolar Australia atau sekitar Rp15,47 triliun (kurs Rp10.319 per AUD). Pinjaman ini diberikan untuk program respons aktif dan penanganan covid-19 yang dipimpin oleh Bank Pembangunan Asia (ADB).
     
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut kerja sama ini menjadi bukti hubungan kuat antara Indonesia dengan Australia. Apalagi Indonesia tidak bisa sendirian dalam menghadapi pandemi covid-19, sehingga membutuhkan dukungan dari pihak lainnya.
     
    "Dalam konteks ini, fiskal kita yang saat ini dalam tekanan besar, defisit melebar, kita sangat mengapresiasi berbagai dukungan yang datang dari berbagai sumber," katanya dalam video conference di Jakarta, Kamis, 12 November 2020.
     
    Menurutnya bantuan ini memberikan ruang untuk pengelolaan fiskal yang lebih luas bagi tidak hanya untuk penanganan covid-19 saja. Namun juga dampak yang ditimbulkan dari sisi sosial, ekonomi, maupun keuangan.
     
    "Yang terpenting bagaimana menjaga kelangsungan dari kebijakan fiskal kita. Saya sangat mengapresiasi dukungan, terutama pemerintah Australia dan saya berharap negara kita bisa pulih dengan sangat kuat dan segera dari covid ini," ungkapnya.
     
    Sementara itu, Bendahara Australia Josh Frydenberg mengatakan pinjaman tersebut akan digunakan untuk mendukung pembiayaan anggaran Indonesia tahun ini yang difokuskan pada pengelolaan krisis covid-19, termasuk program pemulihan ekonomi.
     
    Lebih lanjut, Josh menyebut, pemberian pinjaman ini juga mencerminkan saat-saat luar biasa yang dihadapi semua negara secara bersama-sama menangani pandemi covid-19. Di sisi lain, pengelolaan fiskal di Indonesia dalam menangani krisis covid-19 juga sangat baik.
     
    "Pemulihan Indonesia dan kemakmuran yang berkelanjutan sangat penting untuk stabilitas dan keamanan kawasan kita. Pinjaman ini dibangun di atas hubungan ekonomi kami yang sangat dihargai dan catatan kerja sama bilateral yang kuat. Australia dan Indonesia adalah tetangga, sahabat, dan mitra strategis komprehensif, dan kami berkomitmen untuk saling mendukung melalui krisis ini," jelas dia.
     

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id