comscore

Ingat, Pelaporan SPT Tahunan Sudah Bisa Dimulai

Eko Nordiansyah - 11 Januari 2022 13:26 WIB
Ingat, Pelaporan SPT Tahunan Sudah Bisa Dimulai
Ilustrasi pelaporan SPT Tahunan melalui e-Filing - - Foto: dok Kemenkeu
Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mengimbau para wajib pajak untuk bisa sedini mungkin melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Meskipun baru masuk Januari, wajib pajak sudah bisa menyiapkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh).
 
"Mumpung masih Januari, persiapan dulu untuk SPT Tahunan ya," tulis DJP melalui akun @ditjenpajakri dilansir di Jakarta, Selasa, 11 Januari 2022.
 
Meski batas akhir waktu pelaporan SPT Tahunan PPh jatuh pada 31 Maret dan 30 April, bukan berarti pelaporan dilakukan di bulan-bulan tersebut saja. Wajib pajak dapat melaporkan SPT Tahunan sebelum Maret dan April atau sebelum batas akhir yang ditentukan.
 
Batas waktu pelaporan untuk SPT Tahunan PPh Orang Pribadi adalah 31 Maret dan untuk SPT Tahunan PPh Badan adalah 30 April.  Adapun kini pelaporan SPT Tahunan sudah dapat dilakukan secara daring melalui e-Filing, sehingga wajib pajak tidak harus mendatangi kantor pajak.

Berikut dokumen yang perlu disiapkan dalam pelaporan SPT Tahunan PPh:
  1. Bukti potong PPh Pasal 21 (Formulir 1721-A2 untuk pegawai negeri sipil/TNI/POLRI dan Formulir 1721-A1 untuk pegawai tetap swasta). Wajib pajak dapat memperoleh bukti potong PPh Pasal 21 ini dari bendahara atau pemberi kerja.
  2. Bukti potong/pungut PPh selain PPh Pasal 21 (jika ada).
  3. Laporan Keuangan beserta lampirannya (jika ada) untuk wajib pajak badan dan orang pribadi yang menyelenggarakan pembukuan.
  4. Daftar harta, daftar utang, dan daftar tanggungan.
  5. Jika status SPT Tahunan wajib pajak adalah kurang bayar, maka wajib pajak wajib membayar kekurangannya terlebih dahulu.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id