Pandemi Covid-19 Membuktikan Kualitas Sri Mulyani

    Arif Wicaksono - 15 Oktober 2020 19:14 WIB
    Pandemi Covid-19 Membuktikan Kualitas Sri Mulyani
    Menkeu Sri Mulyani. Foto : Medcom Eko.
    Jakarta: Pandemi covid-19 menguji leadership para petinggi baik di perusahaan maupun instansi terkait. Situasi extraordinary yang menuntut ketangguhan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan ditengah bencana non alam ini.

    Anggota DPR RI Kamrussamad mengatakan bahwa lahirnya Perpu No.1/2020 tentang Penyelamatan sistem keuangan Negara dan industri Keuangan, sebagai bukti kecepatan Menkeu dalam mengatasi dampak ekonomi akibat covid-19.

    "Selama delapan bulan masa Pandemi Kami selalu mengingatkan Menkeu agar memiliki basis data yang terintegrasi agar pijakan pengambilan keputusan lebih sustainable dan adaptif terhadap dinamika masyarakat," jelas dia dalam keterangan resminya, Kamis, 15 Oktober 2020.

    Dia menjelaskan bahwa pandemi covid-19 menuntut tiga hal secara bersamaan bagi suatu negara yaitu menyelamatkan Nyawa rakyat, Menyelamatkan ekonomi warga dan melindungi kehidupan sosial warga.

    "Ini berat bagi Seorang Menteri keuangan yang tidak memiliki kemampuan leadership," Ujar Kamrussamad

    Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meraih penghargaan sebagai Finance Minister of the Year for East Asia Pacific 2020 oleh Majalah Global Markets. Ini merupakan kali kedua ia mendapatkan penghargaan yang sama pada 2018. Sri Mulyani dipandang layak mendapatkan penghargaan tersebut atas prestasinya dalam menangani pandemi covid-19 di Indonesia.
     
    Majalah Global Markets menilai komitmen memberikan stimulus fiskal dalam bentuk perlindungan sosial, insentif perpajakan, penjaminan pinjaman dan subsidi bagi sektor usaha yang terdampak paling besar layak diapresiasi.

    Selain itu, keputusan untuk memperlebar defisit melebihi batas maksimum yang di tetapkan dalam undang undang sebesar tiga persen dari PDB, yang merupakan langkah yang tidak mudah dilakukan, juga menjadi alasan lain Menkeu memperoleh penghargaan bergengsi tersebut.
     
    Global Markets merupakan majalah berita di bidang pasar ekonomi internasional yang 30 tahun terakhir telah menjadi salah satu acuan bagi para pelaku dan institusi di sektor ekonomi dan keuangan internasional. Majalah ini diterbitkan pada saat pertemuan sidang tahunan IMF (International Monetary Fund) dan World Bank Group.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id