Siapkan Rp12,06 Triliun, PUPR Sasar 777.206 Pekerja dalam Program Padat Karya Tunai

    Eko Nordiansyah - 12 Januari 2021 10:44 WIB
    Siapkan Rp12,06 Triliun, PUPR Sasar 777.206 Pekerja dalam Program Padat Karya Tunai
    Ilustrasi program padat karya tunai - - Foto: Biro Pers Setpres
    Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melanjutkan program Padat Karya Tunai (PKT) atau cash for work di bidang infrastruktur. Tahun ini, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran untuk program tersebut sebesar Rp12,06 triliun.

    Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan program ini diharapkan bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 777.206 orang. Dengan begitu, ia berharap program ini juga bisa membantu upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional dari pandemi covid-19.

    "Selain untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, PKT juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa/pelosok," katanya dilansir dari laman resmi Kementerian Keuangan, Selasa, 12 Januari 2021.

    Program PKT Kementerian PUPR dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat atau warga setempat sebagai pelaku pembangunan, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi.

    Oleh karena itu, Basuki berharap manfaat dari program ini dapat langsung memberikan kontribusi pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pasca pandemi covid-19. Meskipun pelaksanaannya juga tetap dengan menerapkan protokol pencegahan covid-19.

    "Pola pelaksanaan PKT nanti juga harus memperhatikan protokol physical dan social distancing untuk pencegahan penyebaran covid-19," pungkas dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id