Cukai Rokok Naik, Menkeu Yakin Inflasi Tetap Terjaga

    Desi Angriani - 17 September 2019 12:34 WIB
    Cukai Rokok Naik, Menkeu Yakin Inflasi Tetap Terjaga
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. MI/ARYA MANGGALA
    Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meyakini inflasi tetap terjaga mesti pemerintah menaikkan tarif cukai rokok sebesar 23 persen. Inflasi diperkirakan tetap berada di kisaran tiga persen pada 2020.

    "Jadi overall kita tetap akan optimistis akan sesuai dengan target inflasi tahun depan," ujar Ani sapaannya di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa, 17 September 2019.

    Ani bakal menyuntik instrumen fiskal untuk menetralisir dampak dari kenaikan harga rokok tersebut. Misalnya meningkatkan bantuan langsung tunai agar daya beli masyarakat tetap terjaga.

    "Kemudian belanja-belanja yang diberikan untuk menengah ke bawah apakah itu dalam bentuk triming dan lain-lain. Kita harap bisa mnejadi penyangga terhadap berbagai policy perubahan yang kita lakukan," ungkap dia.

    Ia menjelaskan penaikan tarif cukai rokok bertujuan untuk mengurangi konsumsi dan peredaran rokok ilegal, mengatur industri, serta menambah penerimaan negara. Karena itu, Ani memproyeksikan, penerimaan cukai tahun depan sebesar Rp173 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

    "Kalau untuk rokok kan lain, kita kalau melihat itu tujuan pemberian cukainya untuk mengurangi dan mengkontrol konsumsi. Jadi memang tujuannya ya untuk begitu," tuturnya.

    Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut penaikan tarif cukai rokok akan memicu inflasi tahun depan. Namun, dampaknya tidak akan terlalu besar terhadap daya beli masyarakat.

    "Gini, inflasi itu kan bukan hanya, tergantung pada berapa besar kenaiakan barangnya dan berapa besar perannya ke konsumsi. Akan ada pengaruhnya tapi tanya saja kementerian keuangan," ungkap Darmin di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa 16 September.
     



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id