Jokowi Sebut Virus Korona Bakal Tekan Ekonomi Indonesia

    Desi Angriani - 05 Februari 2020 19:25 WIB
    Jokowi Sebut Virus Korona Bakal Tekan Ekonomi Indonesia
    Presiden Joko Widodo - - Foto: Antara/ Wahyu Putro
    Jakarta: Presiden Joko Widodo tak memungkiri wabah virus korona akan berdampak pada perekonomian dalam negeri tahun ini. Pasalnya, virus mematikan tersebut menghantam ekonomi Tiongkok selaku mitra dagang terbesar Indonesia.

    "Negara-negara yang terkena imbas itu juga pasti kena. Kita ngomong apa adanya termasuk negara kita Indonesia," kata Jokowi di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.

    Jokowi belum dapat menghitung berapa persen pengaruh wabah mematikan tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi kuartal I. Namun, pemerintah terus berupaya mengantisipasi berbagai kemungkinan tersebut melalui stimulus fiskal serta kebijakan moneter.

    "Itu yang belum bisa dikalkulasi. Ini kan masih dalam proses perjalanan semuanya, jadi menghitungnya negara manapun juga sulit," terangnya.

    Hal serupa disampaikan ekonom Senior Mari Elka Pangestu. Ia menyebut merebaknya virus korona berpotensi menurunkan perekonomian Tiongkok sehingga akan berimbas pada perekonomian Indonesia.

    Jika ekonomi Tiongkok mengalami perlambatan satu persen, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga akan tertekan 0,3 persen. Hal ini dikarenakan Tiongkok merupakan mitra dagang utama bagi Indonesia khususnya melalui permintaan batu bara dan kelapa sawit yang akan turun.

    “Karena masuknya dari harga dan permintaan komoditas terutama batu bara dan kelapa sawit yang demand-nya besar di Tiongkok,” ujarnya.

    Menurut data Pusat Sains dan Teknik Sistem (CSSE) Universitas Johns Hopkins, tercatat 24.560 kasus virus korona secara global di 26 negara yang mengakibatkan 493 kematian. Indonesia belum memiliki kasus yang dikonfirmasi, tetapi seorang pekerja rumah tangga Indonesia di Singapura dinyatakan positif terkena virus tersebut.


     



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id