PPKM Darurat Diperpanjang, Ekonomi Kuartal III Diprediksi Bisa Terkontraksi -0,5%

    Eko Nordiansyah - 21 Juli 2021 10:48 WIB
    PPKM Darurat Diperpanjang, Ekonomi Kuartal III Diprediksi Bisa Terkontraksi -0,5%
    Ilustrasi data proyeksi pertumbuhan ekonomi - - Foto: Medcom



    Jakarta: Pemerintah resmi memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat hingga 25 Juli 2021. Perpanjangan PPKM darurat ini diprediksi akan membuat ekonomi di kuartal III sulit untuk tumbuh positif.
     
    Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal III akan terkontraksi minus 0,5 persen. Kalaupun bisa tumbuh positif, pertumbuhan ekonomi hanya akan mencapai 1,5 persen saja.
     
    "Proyeksi pertumbuhan ekonomi di kuartal III skenario terburuknya akan kontraksi minus 0,5 persen dan batas atas pertumbuhan positif 1,5 persen di kuartal ke III," kata Bhima kepada Medcom.id di Jakarta, Rabu, 21 Juli 2021.
     
    Bhima menambahkan, secara umum kondisi perpanjangan PPKM Darurat dapat memukul perekonomian lebih dalam. Terutama sektor-sektor yang berkaitan dengan mobilitas masyarakat seperti ritel, transportasi, perhotelan dan restoran akan mengalami tekanan yang lebih besar.
     
    "Awal pandemi perusahaan masih memiliki simpanan dan cash flow yang lancar, ketika sudah satu tahun lebih pandemi tidak sedikit perusahaan yang merumahkan karyawan dan jual aset karena cash flow tertekan," ungkapnya.
     
    Tak hanya itu, ia menyebut perusahaan yang mengajukan penundaan bayar utang bahkan mengajukan pailit akan meningkat pada kuartal III ini. Kondisi tersebut tentunya bisa mendorong kenaikan angka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), sehingga berdampak pula kepada angka kemiskinan.
     
    "Tidak menutup kemungkinan dampaknya memicu PHK massal di berbagai sektor. Angka kemiskinan proyeksinya bisa bertambah satu sampai 1,5 juta orang pada September 2021 dibanding September 2020. Bulan Juli sampai September sangat krusial bagi ekonomi," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id