Dana Transfer ke Daerah Rp186 Triliun Belum Terpakai

    Eko Nordiansyah - 14 Januari 2020 18:51 WIB
    Dana Transfer ke Daerah Rp186 Triliun Belum Terpakai
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan masih ada Rp186 triliun dana dari transfer ke daerah dan dana desa yang mengendap di rekening daerah. Dana tersebut merupakan dana yang ditransfer pemerintah pusat, namun belum digunakan pemerintah daerah.

    "Hingga November masih ada Rp186 triliun di rekening daerah. Di satu sisi kami mengambil banyak (dana), transfer rajin, sampai sana cuma pindah ke account bank saja enggak dipakai," kata dia dalam rapat dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020.

    Menurut dia, jumlah tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan dana mengendap di rekening daerah pada bulan sebelumnya. Dirinya berharap pemerintah daerah bisa menggunakan dana ini demi meningkatkan kualitas daerahnya, sehingga berdampak kepada perekonomian secara luas.

    "Karena bulan-bulan sebelumnya itu bisa sampai di atas Rp220 triliun padahal setiap rupiah kalau dibelanjakan itu bisa untuk meningkatkan kualitas daerah," jelas dia.

    Sampai akhir 2019, realisasi transfer ke daerah dan dana desa mencapai Rp811,3 triliun atau 98,1 persen dari alokasi sebesar Rp826,8 triliun. Realisasi anggaran pada tahun lalu lebih tinggi 7,1 persen dibandingkan dengan realisasi di tahun sebelumnya.

    Tahun ini, pemerintah mengalokasikan transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp856,9 triliun. Jumlah ini mengalami kenaikan cukup signifikan jika dibandingkan dengan alokasi transfer ke daerah dan dana desa di 2015 yang hanya Rp623 triliun.

    Transfer ke daerah dan dana desa terdiri dari dana perimbangan sebesar Rp747,2 triliun yang meliputi dana transfer umum Rp544,67 triliun dan dana transfer khusus Rp202,53 triliun. Selian itu ada dana insentif daerah Rp15 triliun, dana otonomi khusus dan keistimewaan Rp22,75 triliun dalam pos transfer ke daerah.

    Sementara itu, alokasi untuk dana desa tidak mengalami perubahan dari yang ada untuk tahun ini yakni sebesar Rp72 triliun. Jumlah dana desa yang disiapkan mengalami kenaikan Rp2 triliun dibandingkan dengan anggaran untuk tahun lalu.




    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id