comscore

Sri Mulyani Minta Lulusan PKN STAN Bantu Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan Negara

Eko Nordiansyah - 21 Oktober 2021 17:48 WIB
Sri Mulyani Minta Lulusan PKN STAN Bantu Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan Negara
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Dok. AFP
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap para lulusan Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) bisa membantu meningkatkan pengelolaan keuangan negara. Oleh karena itu, ia mengirimkan para lulusan PKN STAN ini untuk ditempatkan di sejumlah instansi pemerintah.

Tahun ini Kementerian Keuangan menempatkan 2.983 orang lulusan PKN STAN ke 78 instansi yang terdiri dari 39 Kementerian/Lembaga (K/L) dan 39 pemerintah daerah (pemda). Padahal sejak 2016 hingga 2020, baru 2.785 orang lulusan PKN STAN yang ditempatkan di 55 K/L dan 13 pemda baik provinsi dan kabupaten/kota.
"Saya berharap lulusan PKN STAN tentu memiliki kualifikasi tidak hanya dalam kompetensi teknis, tentu juga karakter dan juga kepribadian yang terus profesional, menjaga integritas dan bisa diandalkan. Lulusan PKN STAN diberdayakan untuk bisa meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara di pusat maupun daerah," kata dia dalam sambutannya di Jakarta, Kamis, 21 Oktober 2021.

Ia mengungkapkan, segala ilmu dan proses pembelajaran yan diperoleh oleh mahasiswa PKN STAN selama proses pendidikan tetap harus ditingkatkan dan diperbaiki mutunya. Apalagi keuangan negara juga menghadapi tantangan yang semakin dinamis baik di Indonesia maupun global, seperti pandemi, perubahan iklim, teknologi digital, dan bonus demografi.

"Saya berharap bapak/ibu sekalian sebagai pimpinan kementerian/lembaga dan pemda untuk bisa memanfaatkan dan membimbing putra putri terbaik lulusan PKN STAN ini, sehingga mereka terus menjadi puggawa pengelola keuangan dan aset negara kita baik di pusat maupun daerah. Mereka terus saya harapkan berkembang secara profesional," ungkapnya.

Selain itu, Sri Mulyani juga menitipkan agar para lulusan PKN STAN ini mampu terus mengabdi dan berbakti kepada negara Indonesia tanpa memiliki cidera dari sisi tata kelola, integritas, dan faktor-faktor lain. Ia pun berharap kepada seluruh lulusan PKN STAN untuk menjadi wakil dari institusi yang bisa terus menjaga nama baik.

Ia menambahkan, lulusan PKN STAN harus bisa menjalankan tugas dengan dedikasi, loyalitas, integritas, dan profesionalitas. Sebagai aparatur sipil negara (ASN), mereka diminta memiliki akhlak yang mulia, dan mampu memahami kebhinekaan sehingga tidak hanya bekerja sebagai profesional namun juga agen pembangunan Indonesia.

"Untuk seluruh lulusan PKN STAN saya titipkan pengelolaan keuangan negara pada kalian semuanya. Jaga kepercayaan rakyat dan jaga kepercayaan negara didalam mengelola keuangan negara. Di pundak kalian lah tanggung jawab ini akan terus diemban, bekerja dengan sinergi, bekerja sama dengan semua pihak tanpa mengorbankan integritas dan profesionalitas kita," pungkas dia.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id