Pemulihan Bersama Jadi Fokus Presidensi G20 Indonesia di 2022

    Eko Nordiansyah - 16 Oktober 2021 14:30 WIB
    Pemulihan Bersama Jadi Fokus Presidensi G20 Indonesia di 2022
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Indonesia sebagai Presidensi G20 pada 2022 bertekad untuk mengatasi tantangan global yang masih akan muncul dan mencari solusi terbaik, memastikan semua negara dapat pulih bersama, dan berjalan menuju masa depan yang berkelanjutan. Indonesia akan mengusung tema 'recover together, recover stronger' dalam Presidensi G20 di tahun depan.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, perlu mendorong produktivitas, meningkatkan ketahanan dan stabilitas, serta memastikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif untuk dapat pulih bersama dan lebih kuat. Oleh karena itu, Indonesia akan mendorong seluruh kepemimpinan global untuk mendukung kemitraan yang dibutuhkan.

     



    "Ini harus didukung oleh kepemimpinan global kolektif yang kuat serta lingkungan dan kemitraan yang memungkinkan," kata dia dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, 16 Oktober 2021.

    Dalam Finance Track, Presidensi Indonesia akan fokus pada enam agenda prioritas, yaitu exit strategy untuk mendukung pemulihan, upaya mengatasi luka dalam perekonomian untuk mengamankan pertumbuhan di masa depan, sistem pembayaran di era digital, keuangan berkelanjutan, inklusi keuangan, dan perpajakan internasional.

    Selain itu, Indonesia akan melanjutkan diskusi isu-isu legacy seperti mengintegrasikan risiko pandemi dan iklim dalam pemantauan risiko global, penguatan Global Financial Safety Net (GFSN), meningkatkan arus modal, melanjutkan inisiatif kesenjangan data (Data Gap Initiatives), meningkatkan reformasi regulasi sektor keuangan, serta memperkuat kesinambungan utang dan transparansi utang.

    Ia menambahkan, Indonesia juga ingin mempercepat agenda infrastruktur menuju pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif, memanfaatkan dukungan MDB, memperkuat pencegahan, kesiapsiagaan dan respons Pandemi, dan melanjutkan dukungan untuk menarik investasi sektor swasta di negara-negara berpenghasilan rendah, seperti di kawasan Afrika.

    Indonesia secara resmi akan menjadi Presidensi G20 pada tahun 2022 setelah dilakukannya serah terima dari Italia kepada Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) di Roma, Italia pada 30-31 Oktober 2021.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id