Pemerintah Bakal Beri Bantuan bagi Usaha Mikro, dari PKL hingga Warung

    Eko Nordiansyah - 02 Agustus 2021 22:29 WIB
    Pemerintah Bakal Beri Bantuan bagi Usaha Mikro, dari PKL hingga Warung
    Ilustrasi pedagang kaki lima. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan.



    Jakarta: Pemerintah berencana memberikan bantuan bagi pelaku usaha mikro seperti pedagang kaki lima (PKL) hingga warung. Bantuan sebesar Rp1,2 juta ini ditargetkan akan menyasar satu juta pelaku usaha mikro yang belum mendapat bantuan.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, rencana pemberian bantuan ini sedang difinalisasi oleh pemerintah. Ia berharap bantuan ini meringankan beban masyarakat dengan diperpanjangnya PPKM.

     



    "Untuk mengurangi beban masyarakat, pemerintah mendorong percepatan penyaluran bansos untuk masyarakat dan bantuan UMK, PKL, dan warung," kata dia dalam video conference, Senin, 2 Agustus 2021.

    Ia menambahkan, bantuan ini sebagai tambahan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro yang sudah diluncurkan Presiden Joko Widodo. Rencananya penyaluran bantuan kepada pelaku usaha ini akan melibatkan TNI/Polri.

    "Diharapkan sudah bisa langsung dijalankan melalui TNI dan Polri. Regulasi sudah disiapkan dan akan dibagikan sebesar Rp1,2 juta per orang untuk satu juta target," ungkapnya.

    Hingga Juli 2021, Airlangga menyebut, pemerintah telah menyalurkan berbagai program bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat dengan total Rp16,03 triliun.

    Bansos terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp5,15 triliun untuk 7,44 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kartu sembako Rp9,4 triliun untuk 15,7 juta KPM, dan BLT desa Rp1,48 triliun untuk 2,18 juta KPM.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id