comscore

Insentif Pajak UMKM 2021 Terealisasi Rp800 Miliar

Antara - 03 Februari 2022 08:17 WIB
Insentif Pajak UMKM 2021 Terealisasi Rp800 Miliar
Ilustrasi pelaku UMKM - - Foto: MI/ Supardji Rasban
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan insentif PPh Final UMKM Ditanggung Pemerintah (DTP) telah terealisasi Rp800 miliar yang dimanfaatkan oleh 138.635 pelaku UMKM per Desember 2021.

“Pentingnya UMKM di dalam perekonomian menjadi perhatian khusus Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK),” kata Menkeu dalam Konferensi Pers KSSK, Rabu, 2 Februari 2022.

Sri Mulyani mengatakan, UMKM sangat berperan penting dalam perekonomian sehingga KSSK memperhatikan sektor ini secara khusus. Perhatian KSSK kepada UMKM tidak hanya diberikan melalui adanya insentif PPh Final UMKM DTP melainkan juga subsidi bunga UMKM serta program penjaminan kredit UMKM.
Untuk tambahan subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah dinikmati oleh 8,45 juta pelaku UMKM sedangkan subsidi bunga non-KUR telah dimanfaatkan oleh 8,33 juta pelaku UMKM. Adapun penjaminan kredit UMKM yang dilaksanakan sejak 2020 telah mampu menjamin total Rp53,41 triliun bagi 2,45 juta debitur.

Sri Mulyani pun memastikan pemerintah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan terus mendorong pemulihan termasuk kepada UMKM melalui kebijakan terpadu KSSK.

Kebijakan terpadu yang sudah diterbitkan sejak Februari 2021 tersebut bertujuan untuk meningkatkan pembiayaan dunia usaha, sekaligus mendorong percepatan pemulihan ekonomi.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id