comscore

Erick Thohir Patok Setoran Negara Dividen di 2024 Capai Rp50 Triliun

Annisa ayu artanti - 04 Juli 2022 19:11 WIB
Erick Thohir Patok Setoran Negara Dividen di 2024 Capai Rp50 Triliun
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: dok Kementerian BUMN.
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan setoran perusahaan pelat merah kepada negara berupa dividen tiap tahunnya akan terus meningkat. Di 2024 bisa mencapai Rp50 triliun.

Sementara untuk tahun ini, Erick menargetkan perusahaan BUMN bisa membagikan dividen sebanyak Rp39,7 triliun. Lalu tahun depan sebanyak Rp43 triliun.
"Kita akan terus berusaha meningkatkan dividen kami di 2023-2024," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR-RI, Senin, 4 Juli 2022.

Erick menginginkan dividen yang dibagikan ke negara seimbang dengan apa yang pernah negara beri atau bantu kepada perusahaan-perusahaan pelat merah melalui suntikan modal atau PMN (Penyertaan Modal Negara).

"Jadi antara PMN dan dividen bisa berimbang," ucapnya.
 
Baca juga: Erick Thohir Pastikan PMN ke BUMN Tepat Sasaran

Erick juga sebelumnya menyampaikan selama ia menjabat setoran perusahaan pelat merah kepada negara cukup besar yakni mencapai Rp1.200 triliun.

"Tiga tahun terakhir dengan kami, Alhamdulillah kalau dilihat dari data-datanya kontribusi yang sudah diberikan kepada BUMN kepada negara kurang lebih Rp1.200 triliun," sebutnya.

Ia menjelaskan, setoran tersebut terdiri dari pajak, dividen, serta bagi hasil. Lalu ia pun membandingkan, setoran perusahaan BUMN sebelum ia menjabat yaitu dalam waktu 10 tahun hanya Rp4.013 triliun.

"Artinya dalam tiga tahun terakhir ada kenaikan masing-masing per tahunnya masing-masing Rp50 triliun lebih tinggi dari tahun sebelumnya secara kumulatif," ujarnya.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id