Imbas Kondisi Global Hantam Tiga Jalur Ekonomi RI

    Annisa ayu artanti - 06 November 2019 12:12 WIB
    Imbas Kondisi Global Hantam Tiga Jalur Ekonomi RI
    Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan hampir semua negara terdampak gejolak ekonomi global, termasuk di Indonesia.

    Ia menjelaskan imbas dari kondisi global tersebut masuk ke Indonesia melalui tiga jalur. Jalur utama adalah melalui modal asing.

    Misalnya, ketika kebijakan moneter nonkonvensional yang dilakukan bank sentral dalam upaya mencegah penurunan suplai uang dilakukan dan taper tantrum. Suahasil menyebut dua hal tersebut langsung berdampak pada portofolio yang masuk ke Indonesia.

    "Tentu lewat modal asing ke Indonesia, ini penting dan ketika terimbas gerak cepat dunia," kata Suahasil saat membuka Indonesia Banking Expo 2019, di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu, 6 November 2019.

    Setelah aliran modal asing, investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) juga langsung terdampak ketika kondisi ekonomi global bergejolak.

    "Kalau ini lebih cautions lagi, kalau yang portofolio itu bisa masuk cepat, keluar juga cepat. Bagaimana dia (investor) nyaman tinggal di Indonesia, dan comfortable dengan ekonomi Indonesia," imbuh dia.

    Suahasil mengungkapkan untuk menahan imbas global terhadap dua pos tersebut, pemerintah dan pelaku usaha bersama-sama harus menjaga iklim investasi, menyiapkan infrastruktur yang baik, serta regulasi pendukung. Jika semua itu terjaga dua pos tersebut pun akan terjaga.

    Sementara jalur ketiga, Suahasil menambahkan imbas gejolak ekonomi global akan langsung terasa pada sektor perdagangan. Jika perekonomian dunia menurun, maka permintaan ekspor dunia juga akan menurun. Alhasil, ekspor Indonesia pun tertekan.

    "Ekspor kita praktis flat pertumbuhan yoy-nya. Impor lumayan kena imbas. Tiga jalur ini kami perhatikan terus, dampaknya ke ekonomi domestik," tukas dia.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id