Pertumbuhan Ekonomi RI Bakal 'Terbang' ke 8% di Kuartal II Tahun Ini

    Eko Nordiansyah - 08 April 2021 14:03 WIB
    Pertumbuhan Ekonomi RI Bakal 'Terbang' ke 8% di Kuartal II Tahun Ini
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan mengaku optimistis bahwa pemulihan ekonomi Indonesia akan berlanjut tahun ini. Bahkan pertumbuhan ekonomi di kuartal II diprediksi bisa tumbuh hingga delapan persen setelah kontraksi tahun lalu.

    Kepala Pusat Kebijakan Makro BKF Kemenkeu Hidayat Amir mengatakan, pemulihan ekonomi sudah terlihat sejak kuartal I-2021. Sayangnya pertumbuhan ekonomi di tiga bulan pertama tahun ini masih kontraksi di batas bawah minus 1,1 persen hingga 0,1 persen.






    "Kalau kuartal II, kita cukup yakin kalau ritme dan tren perbaikan berlanjut, bisa diakselerasi pertumbuhan tujuh sampai delapan persen," kata dia dalam webinar Indonesia Macroeconomic Update 2021 di Jakarta, Kamis, 8 April 2021.

    Ia menambahkan target tersebut terbilang realistis mengingat pada periode sama tahun lalu kontraksi ekonomi cukup dalam. Artinya dengan landasan yang cukup rendah, lonjakan pertumbuhan ekonomi sangat memungkinkan dicapai pertengahan 2021.

    "Basisnya kalau melihat pertumbuhan itu year on year dibandingkan kuartal II tahun lalu yaitu negatif 5,32 persen. Jadi ini sebetulnya ya masuk akal, karena pertama secara teknikal kita memiliki basis yang sangat rendah di tahun lalu," jelasnya.

    Optimisme untuk pemulihan ekonomi nasional juga didukung oleh pengendalian covid-19 serta pelaksanaan program vaksinasi. Di sisi lain, indikator perekonomian mulai dari produksi, konsumsi, investasi, hingga kinerja ekspor menunjukan perbaikan tahun ini.

    "Kita melihat dari sisi tren berbagai indikatornya terus meningkat. Jadi tujuh hingga delapan persen itu estimasi kita di kuartal II-2021 dan terus berlanjut perbaikannya. Tentu kuartalnya ada dinamika, dan full year-nya masih 4,5 sampai 5,3 persen," pungkas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id