Pemerintah Bakal Genjot Belanja APBN 2021 di Awal Tahun

    Eko Nordiansyah - 01 Desember 2020 19:33 WIB
    Pemerintah Bakal Genjot Belanja APBN 2021 di Awal Tahun
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: MI/ Ramdani
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pemerintah akan menggenjot belanja negara mulai awal tahun depan. Pada 2021, pemerintah mengalokasikan belanja negara sebesar Rp2.750 triliun atau naik Rp10,8 triliun dari tahun ini.

    "Pertama, perlindungan sosial bisa dilakukan seawal mungkin. Jadi program-program perlindungan sosial akan dilakukan Januari," katanya  dalam video conference di Jakarta, Selasa, 1 Desember 2020.

    Menkeu mengungkapkan Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada seluruh kementerian/lembaga (K/L) untuk merealisasikan belanja lebih cepat. Apalagi pemerintah telah menyerahkan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) APBN 2021.

    Kemudian K/L juga diminta untuk memproses realisasi belanja modal dari DIPA yang telah diterima. Bahkan proses pengadaan (procurement) bisa dimulai sebelum 2021, sehingga pelaksanaannya bisa dilakukan di Januari.

    "Kita sekarang mendukung seluruh K/L dalam persiapan pelaksanaannya. Dan tentu untuk daerah kita juga akan melakukan transfer sehingga DAK secara fisik bisa membantu pemulihan juga selain anggaran yang dilakukan K/L dari pemerintah pusat," jelas dia.

    Meski begitu, pemerintah tetap akan membuat anggaran di K/L maupun daerah tetap fleksibel terutama untuk bantuan sosial bagi masyarakat. Pasalnya, Sri Mulyani menilai ketidakpastian akibat pandemi covid-19 masih tinggi dalam pelaksanaan APBN 2021.

    "Karena ini merupakan tantangan paling besar. Tentu transparansi akuntabilitas dan tidak ada korupsi jadi pesan sangat penting bagi seluruh K/L dan pemerintah daerah," pungkasnya.  

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id