Imbas Rem Darurat, Proyeksi Ekonomi RI 2021 Turun Jadi 4%

    Eko Nordiansyah - 26 Januari 2021 14:01 WIB
    Imbas Rem Darurat, Proyeksi Ekonomi RI 2021 Turun Jadi 4%
    Ilustrasi. Foto: Dok.MI



    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, pertumbuhan ekonomi nasional diprediksi tumbuh antara 4 persen sampai 5,2 persen tahun ini. Proyeksi ini sedikit lebih rendah dari sebelumnya yaitu 4,5 sampai 5,5 persen.

    "Kita lihat di 2021 pertumbuhan kita akan sekitar empat persen sampai 5,2 persen," kata dia dalam webinar di Jakarta, Selasa, 26 Januari 2021.




    Ia menambahkan perkembangan pandemi covid-19 masih menjadi tantangan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional. Apalagi saat ini pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk Jawa-Bali.

    "Kita perlu untuk mencari jalan keluar agar pandemi bisa direm, dan dalam hal yang sama kita menyeimbangkan arahan Presiden antara gas dan rem, dan tentu kita perlu untuk melihat dan membangkitkan semangat di sektor ekonomi," ungkapnya.

    Airlangga berharap penerapan kebijakan ini bisa mengurangi kenaikan kasus covid-19 di Indonesia. Apalagi PPKM telah dijalankan sejak dua minggu lalu dan saat ini kebijakannya kembali diperpanjang selama dua minggu sampai 8 Februari 2021.

    Kebijakan ini, lanjut dia, juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas fasilitas kesehatan (faskes) dalam menghadapi lonjakan kasus covid-19. Terlebih pemerintah mewajibkan seluruh rumah sakit untuk mengalokasikan 30 persen kapasitas untuk penanganan covid-19.

    "Kita bisa punya waktu untuk memperbaiki faskes termasuk bed occupancy rate dengan kebijakan Menkes bahwa RS pemerintah, swasta, dan BUMN diminta untuk mengalokasikan 30 persen untuk penanganan covid, sehingga punya kapasitas penanganan covid," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id