Siapkan Uang Yuk, Sukuk Ritel SR014 Berkupon 5,47% Sudah Terbit

    Eko Nordiansyah - 26 Februari 2021 10:39 WIB
    Siapkan Uang Yuk, Sukuk Ritel SR014 Berkupon 5,47% Sudah Terbit
    Foto: Grafis Medcom.id



    Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel seri SR014 dengan kupon tetap 5,47 persen per tahun. Sukuk ritel SR014 ini ditawarkan bagi investor individu secara online (e-SBN) mulai hari ini.

    Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman mengatakan penerbitan sukuk ritel ini merupakan yang pertama di 2021. Masa penawaran akan dimulai pada 26 Februari 2021 dan berakhir pada 17 Maret 2021.






    "Fitur utama dari sukuk ritel SR014 ini adalah tidak berbeda dengan sukuk ritel sebelumnya. Sifatnya tradable di secondary market dengan minimum holding period selama tiga kali pembayaran," kata dia dalam Virtual Launching Sukuk Ritel Seri SR014, Jumat, 26 Februari 2021.

    Ia menambahkan nilai pembelian minimum untuk SR014 adalah sebesar Rp1 juta berlaku kelipatan dengan maksimum pembelian sebesar Rp3 miliar. Perdagangan sukuk ritel ini di pasar sekunder juga dibatasi hanya untuk investor domestik.

    "Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk memperdalam dan memperluas basis investor domestik, khususnya investor ritel," ungkapnya.

    Penjualan SR014 dilakukan secara online untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif. Proses pemesanannya dilakukan di 30 mitra distribusi melalui empat tahap yaitu registrasi/pendaftaran, pemesanan, pembayaran, dan setelmen.

    Mitra distribusi yang ditunjuk yaitu, Bank Central Asia, Bank CIMB Niaga, Bank Commonwealth, Bank Danamon Indonesia, Bank DBS Indonesia, Bank HSBC Indonesia, Bank Mandiri, Bank Maybank Indonesia, Bank Mega, Bank Negara Indonesia, Bank OCBC NISP, Bank Panin, Bank Permata, Bank Rakyat Indonesia, Bank Tabungan Negara, Bank UOB Indonesia, Citibank, Standard Chartered Bank, Bank Syariah Indonesia, dan Bank Muamalat.

    Kemudian ada Bahana Sekuritas, BRI Danareksa Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Trimegah Sekuritas Indonesia, Bareksa Portal Investasi, Nusantara Sejahtera Investama (Invisee), Star Mercato Capitale (Tanamduit), Investree Radhika Jaya, Lunaria Annua Teknologi (Koinworks), dan Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku).

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id