Pidato Nota Keuangan 2020

    Live: Tingkatkan Produksi Pangan, Pemerintah Anggarkan Rp104,2 Triliun

    Annisa ayu artanti - 14 Agustus 2020 16:37 WIB
    Live: Tingkatkan Produksi Pangan, Pemerintah Anggarkan Rp104,2 Triliun
    Presiden Joko Widodo - - Foto: dok DPR RI
    Jakarta: Pemerintah dalam peningkatan produksi pangan tahun depan menyiapkan anggaran sebesar Rp104,2 triliun. Anggaran tersebut akan difokuskan untuk mendorong produksi komoditas pangan, revitalisasi sistem pangan, distribusi pangan, serta pengembangan kawasan pangan berskala luas (food estate).

    "Untuk ketahanan pangan 2021 dianggarkan sekitar Rp104,2 triliun yang diarahkan untuk mendorong produksi komoditas pangan," ucap Presiden Joko Widodo dalam Pidato Nota Keuangan 2020, di Jakarta, Kamis, 14 Agustus 2020.
     
    Dalam meningkatkan produksi komoditas pangan, pemerintah akan membangun sarana dan prasarana serta menggunakan teknologi yang memadai sehingga ketahanan pangan nasional tercapai.
     
    Sementara dalam penerapan revitalisasi sistem pangan nasional, pemerintah akan fokus memperkuat korporasi petani dan nelayan.
     
    "Selain itu, pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan dengan menargetkan Nilai Tukar Petani (NTP) dan Nilai Tukar Nelayan (NTN) sebesar 102-104 di 2021," terang dia.

    Sebelumnya Jokowi menyampaikan peningkatan cadangan pangan terus diperkuat dengan menghadirkan lumbung pangan baru atau food estate.

    Menurut Jokowi, saat ini pemerintah sedang mengembangkan proyek food estate di Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Sumatera Utara. Dua wilayah tersebut akan jadi percontohan yang nantinya dilakukan pula di beberapa daerah lain.

    "Food estate sedang dibangun untuk memperkuat cadangan pangan nasional, bukan hanya di hulu, tetapi juga bergerak di hilir produk pangan industri," kata Jokowi. 

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id