Sri Mulyani Nilai Ekonomi Syariah Jadi Jawaban Atas Tantangan Perekonomian RI

    Eko Nordiansyah - 24 Oktober 2020 15:10 WIB
    Sri Mulyani Nilai Ekonomi Syariah Jadi Jawaban Atas Tantangan Perekonomian RI
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: MI/ Rommy Pujianto
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai ekonomi syariah mampu menjadi sumber baru dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Bahkan ekonomi syariah dapat menjawab berbagai tantangan dalam dinamika perekonomian nasional.

    Menurutnya keunikan yang dimiliki sistem ekonomi syariah terletak pada nilai-nilai yang sejalan dengan nilai kearifan lokal masyarakat Indonesia. Hal ini tentu menjadi nilai tambah sehingga ada potensi perkembangan ekonomi syariah.

    "Antara lain seperti kejujuran, keadilan, tolong menolong, profesional serta keberpihakan pada kelompok lemah diyakini dapat membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional," katanya dalam webinar di Jakarta, Sabtu, 24 Oktober 2020.

    Ia menambahkan kesamaan nilai-nilai tersebut mendorong diterapkannya sistem ekonomi syariah secara lebih menyeluruh di setiap aspek kehidupan. Sayangnya, kontribusi ekonomi syariah saat ini belum optimal.

    "Meskipun Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia, harus diakui bahwa peran dan kontribusi ekonomi syariah terhadap perekonomian nasional masih belum optimal," ungkap dia.

    Untuk itu, Sri Mulyani berharap, adanya kolaborasi antar berbagai pihak untuk pengembangan ekonomi syariah. Pada akhirnya, upaya ini bisa menggali potensi perekonomian syariah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkeadilan.


    "Ke depan kiprah dan inisiatif KNEKS di dalam melakukan terobosan dan inovasi di dalam membangun ekonomi dan keuangan syariah tentu sangat dinantikan oleh seluruh umat dan masyarakat Indonesia. Dengan demikian, makna Islam sebagai rahmatan lil alamin dan sosial umat bisa benar-benar dirasakan," pungkasnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id