Dana Asing ke RI Bertambah Jadi Rp192,6 Triliun

    Desi Angriani - 04 Oktober 2019 17:18 WIB
    Dana Asing ke RI Bertambah Jadi Rp192,6 Triliun
    Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin.
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat dana asing masuk ke Indonesia (inflow) pada Oktober 2019 mencapai Rp192,6 triliun. Dana tersebut masuk melalui pasar Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp137,9 triliun, pasar modal Rp52,4 triliun, dan sisanya ke Surat Berharga Bank Indonesia (SBI).

    "Inflow modal asing sampai 3 Oktober 2019 total inflow year to date (ytd) Rp192,6 triliun," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Kompleks Perkantoran Bank Indonesia, Jakarta, Jumat, 4 Oktober 2019.

    Derasnya aliran dana asing yang masuk, lanjutnya, mengindikasikan adanya perbaikan pertumbuhann ekonomi termasuk tingginya kepercayaan investor untuk ekuitas pemegang saham. Namun, capital inflow ke pasar saham masih mengalami volatile karena dipengaruhi oleh faktor global dan eskalasi perang dagang.

    "Prospek ekonomi menarik dan saham tetap volatile keluar masuk karena banyak dipengaruhi faktor global atau yang terjadi di AS dan negara lain," ungkapnya.

    Perry menambahkan berlanjutnya aliran modal asing ke Indonesia dapat menjadi pendorong stabilnya nilai tukar di kisaran Rp14.070-Rp14.080 per USD.

    "Dan salah satu faktor stabilitas nilai tukar berlanjutnya aliran modal asing masuk di samping mekanisme pasar bekerja sangat baik dan juga confident terhadap ekonomi," pungkas dia.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id