Kupon Bunga SBR 006 Minimal 7,95%

    02 April 2019 11:17 WIB
    Kupon Bunga SBR 006 Minimal 7,95%
    Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id)
    Jakarta: Pemerintah kembali menawarkan alternatif investasi dalam Surat Berharga Negara (SBN) dengan instrumen Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR006. SBR006 akan dilepas dengan kupon minimal 7,95 persen untuk tiga bulan pertama.

    Basis penghitungannya berasal dari suku bunga acuan yang berlaku pada saat penetapan kupon yakni enam persen ditambah spread tetap 195 basis poin. Tingkat kupon berikutnya dapat bertambah jika suku bunga mengalami kenaikan. Namun, tidak akan berkurang meskipun suku bunga menurun dan tetap di angka 7,95 persen. Mekanisme tersebut akan terulang setiap tiga bulan hingga jatuh tempo pada durasi dua tahun.

    Direktur Surat Utang Negara Kementerian Keuangan Loto Srinaita Ginting mengatakan penawaran SBR hanya diperuntukkan investor individu dan khusus warga negara Indonesia (WNI) dengan minimal pemesanan Rp1 juta.

    "Investasi ini aman karena dilindungi pemerintah dan juga menguntungkan karena nilai kupon ada batas minimalnya," jelas Loto di Jakarta, Senin, 1 April 2019.

    Penawaran SBR006 akan dibuka pada 1-16 April dengan tanggal jatuh tempo 10 April 2021. Investor hanya bisa melakukan pencarian maksimal 50 persen dari nilai investasinya setelah satu tahun, yakni pada 27 April-4 Mei 2020.

    Pemerintah memasang target indikatif sebesar Rp5 triliun sehingga penawaran akan otomatis tertutup jika nilai SBR006 telah memenuhi target.

    Loto menyebut, selain berinvestasi, penjualan SBR membuat masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan nasional.

    "Dana yang terkumpul akan digunakan pemerintah untuk pembangunan infrastruktur, revitalisasi sekolah-sekolah. Jadi masyarakat selain berinvestasi dapat ikut berperan dalam pembangunan nasional," imbuhnya.

    Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di SBR006 saat ini sudah dapat melakukan registrasi sistem daring dan menghubungi 14 mitra distribusi. Sebanyak enam di antaranya merupakan bank, yakni Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, Bank Permata, dan BTN.

    Selain itu, bisa juga melalui Trimegah Sekuritas, Bareksa, atau Tanamduit, dan melalui fintech peer-to-peer lending yakni Modalku dan Investree. (Media Indonesia)



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id