comscore

Sri Mulyani: Subsidi Rp520 Triliun Banyak Dinikmati Orang Kaya

Eko Nordiansyah - 30 Juni 2022 19:15 WIB
Sri Mulyani: Subsidi Rp520 Triliun Banyak Dinikmati Orang Kaya
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : Kemenkeu.
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyinggung banyaknya orang kaya yang justru menikmati anggaran subsidi pemerintah. Padahal pemerintah telah menambah alokasi anggaran subsidi baik untuk Bahan Bakar Minyak (BBM), listrik, maupun elpiji hingga Rp520 triliun.
 
baca juga: Pemekaran DOB 3 Provinsi di Papua Didanai APBN

"Sebetulnya APBN-nya dengan subsidi mencapai Rp520 triliun justru akhirnya yang banyak menikmati adalah kelompok yang kaya," kata dia ditemui di DPR, Kamis, 30 Juni 2022.

Bank Dunia sebelumnya merekomendasikan agar pemerintah menaikkan harga BBM di tengah kenaikan harga minyak dunia. Pasalnya, kenaikan harga BBM tersebut akan membantu pemerintah mengurangi kenaikan anggaran subsidi yang kini sudah melonjak.
Meski begitu, Sri Mulyani mengatakan, apabila ingin melakukan perubahan harga BBM khususnya harus dilakukan secara hati-hati. Menurut dia, ada banyak aspek yang mungkin dihadapi, seperti kenaikan inflasi secara keseluruhan yang nanti akan menggerus daya beli masyarakat dan ketahanan APBN.

"Karena kalau harga naik terus pasti ada limit dan untuk bagaimana menciptakan keadilan masyarakat. Pemerintah akan melakukan perhitungan dan persiapan-persiapan sehingga makin memperbaiki kualitas dari kebijakannya," ungkap dia.

Kualitasnya itu apakah menurunkan kemiskinan, menciptakan alokasi yang lebih efisien, masyarakat yang membutuhkan tetap dibantu. Tapi ekonomi juga tetap tumbuh.

Sri Mulyani menyebut kenaikan harga tentu akan berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat. Apalagi di Indonesia ada kelompok yang memang mampu, kelompok menengah, dan kelompok yang tidak mampu sehingga pemerintah harus hati-hati dalam mengambil kebijakan.

"Sehingga kalau kita bicara keadilan memang APBN seharusnya melindungi kelompok tidak mampu. Tentu saja, kita melihat kondisi APBN-nya sendiri apakah memiliki kemampuan untuk menyerap semua shock ini, tanpa ada yang di-pass through ke masyarakat," pungkas dia.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id