comscore

Bahlil: Pemulihan Ekonomi Pascapandemi Tak Mudah

Eko Nordiansyah - 09 Januari 2022 20:00 WIB
Bahlil: Pemulihan Ekonomi Pascapandemi Tak Mudah
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia - - Foto: dok BKPM
Jakarta: Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengakui pemulihan ekonomi pascapandemi bukanlah hal mudah. Pasalnya, dampak pandemi dirasakan secara global oleh seluruh negara di dunia sehingga berimbas pada perdagangan dan investasi.
 
"Kami akui bahwa pemulihan ekonomi pascapandemi covid ini merupakan sesuatu yang tidak gampang, susah sekali," kata Bahli dalam video conference, Minggu, 9 Januari 2022.
 
Di tengah kesulitan tersebut, Indonesia masih mampu menjaga ekonomi tetap tumbuh positif setelah terkontraksi minus 0,7 persen pada kuartal I-2021. Namun setelahnya, pertumbuhan ekonomi RI melonjak menjadi 7,1 persen meski kembali turun ke 3,5 persen pada kuartal III-2021.
 
"Kita harus bersyukur bahwa di tengah pandemi covid, tapi kita masih mampu tumbuh ekonomi kita 3,5 persen di kuartal III dan di kuartal IV saya punya keyakinan tumbuhnya 4,5 sampai lima persen. Kenapa? Karena di kuartal III itu adalah kuartal yang paling menyulitkan kita," ungkapnya.
 
Bahlil bercerita pada kuartal III tahun lalu, pergerakan ekonomi hanya efektif selama satu bulan saja karena dua bulan sebelumnya pemerintah menerapkan PPKM Level 3. Beruntung kinerja ekspor-impor tetap tumbuh positif, serta investasi juga mampu menopang perekonomian.
 
Itu semua, lanjutnya, tak terlepas dari kebijakan gas dan rem yang dijalankan pemerintah. Kebijakan tersebut memberikan keseimbangan antara pemulihan ekonomi dan penanganan pandemi.
 
"Kuartal III itu adalah kuartal paling berharga untuk kita belajar. Jangan kita terlalu terbuka untuk mengejar pertumbuhan ekonomi yang kuat tapi kemudian kita jebol dalam konteks penanganan pandemi covid. Jadi dua-duanya ini jalan, dan saya yakin di negara manapun itu enggak bisa semuanya jalan secara maksimal tapi kita mampu menyiasati itu," pungkas dia.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id