comscore

Bahlil: Realisasi Investasi Industri Meroket 90% Berkat Hilirisasi

Antara - 11 Februari 2022 15:44 WIB
Bahlil: Realisasi Investasi Industri Meroket 90% Berkat Hilirisasi
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. FOTO: BKPM
Jakarta: Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan realisasi investasi sektor industri pada 2021 meroket hingga 90,7 persen dibandingkan dengan periode 2019. Kondisi itu terjadi berkat adanya hilirisasi.

"Di 2021, realisasi investasi sektor industri mencapai Rp117,5 triliun. Angka ini meningkat 90,7 persen dibandingkan dengan 2019 lalu. Kita tidak lagi mengekspor bahan baku, sudah terjadi hilirisasi," kata Bahlil, dalam Morning Talk with the Minister of Investment, dilansir dari Antara, Jumat, 11 Februari 2022.
Bahlil mengatakan hilirisasi sejalan dengan arah kebijakan Indonesia untuk memprioritaskan pengelolaan sumber daya alam. "Pemerintah mendorong investasi berkualitas yang kuncinya adalah adanya penciptaan nilai tambah melalui hilirisasi," katanya.

Presiden Joko Widodo, lanjut Bahlil, memerintahkan untuk membangun investasi yang inklusif dan berkualitas dengan tiga cara. Pertama, yaitu melalui pemerataan pertumbuhan investasi yang tidak hanya terfokus pada pulau Jawa saja.

Kedua, setiap investor yang masuk diwajibkan berkolaborasi dengan pengusaha nasional di daerah dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ketiga, perlunya memangkas proses perizinan investasi di Indonesia.


Terkait dengan kemudahan perizinan investasi, Bahlil menjelaskan bahwa saat ini pelaku usaha dapat dengan mudah mengurus izin investasinya melalui sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko, yang diatur langsung dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU CK).

Meski sistem OSS masih akan terus disempurnakan, ia berjanji investor akan dilayani dan dibantu. "Kalau ada masalah, tolong datang ke kami. Kami akan bantu. Prinsipnya, biarkan izin dan insentif kami urus, selama Bapak dan Ibu memenuhi syarat yang ada. Bapak dan Ibu tolong bawa modal, teknologi, dan sebagian pasarnya," pungkas Bahlil.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id