Punya Pendapatan di Atas Rp5 Miliar? Pajaknya 35%!

    Eko Nordiansyah - 05 Juni 2021 11:16 WIB
    Punya Pendapatan di Atas Rp5 Miliar? Pajaknya 35%!
    Foto: Grafis Medcom.id



    Jakarta: Pemerintah akan menetapkan tarif Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi sebesar 35 persen bagi masyarakat dengan berpenghasilan di atas Rp5 miliar per tahun. Dengan perubahan ini, maka lapisan penghasilan kena pajak bertambah menjadi lima layer.

    Mengutip draf RUU KUP TA PPN PPh, dilansir Medcom.id, Sabtu, 5 Juni 2021, tarif pajak yang ditetapkan atas penghasilan kena pajak bagi wajib pajak orang pribadi dalam negeri adalah lima persen untuk penghasilan sampai dengan Rp50 juta. Ketentuan ini tidak berubah dari aturan sebelumnya.

     



    Untuk penghasilan di atas Rp50 juta sampai dengan Rp250 juta akan dikenakan tarif pajak 15 persen, penghasilan di atas Rp250 juta sampai dengan Rp500 juta akan dikenakan tarif pajak 25 persen. Kedua atuan ini juga masih sama seperti ketentuan yang lama.

    Sementara yang berubah adalah penghasilan di atas Rp500 juta sampai dengan Rp5 miliar yang akan dikenakan tarif pajak 30 persen. Kemudian, pemerintah juga menambah layer bagi yang berpenghasilan di atas Rp5 miliar akan dikenakan tarif pajak sebesar 35 persen.

    Kemudian bagi wajib pajak badan dalam negeri dan bentuk usaha tetap akan dikenakan pajak sebesar 20 persen yang mulai berlaku pada Tahun Pajak 2022. Padahal sebelumnya, tarif pajak bagi wajib pajak badan dalam negeri dan bentuk usaha tetap ini adalah sebesar 28 persen.

    Meski begitu, tarif sebagaimana dimaksud dapat diubah dengan Peraturan Pemerintah setelah disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia untuk dibahas dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

    Bagi wajib pajak badan dalam negeri berbentuk perseroan terbuka, dengan jumlah keseluruhan saham yang disetor diperdagangkan pada bursa efek di Indonesia paling sedikit 40 persen dan memenuhi persyaratan tertentu dapat memperoleh tarif tiga persen lebih rendah dari tarif dari sebelumnya sebesar lima persen.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id