Alasan Menkeu Cegah Bambang Trihatmodjo ke Luar Negeri

    Eko Nordiansyah - 18 September 2020 17:04 WIB
    Alasan Menkeu Cegah Bambang Trihatmodjo ke Luar Negeri
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: Antara/ Wahyu Putro
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati digugat oleh Bambang Trihatmodjo ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Gugatan tersebut terkait pencegahan Bambang ke luar negeri oleh Sri Mulyani selaku ketua panitia urusan piutang negara.

    Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan alasan pencekalan tersebut karena Bambang memiliki piutang kepada negara. Karena itu, upaya pencekalan merupakan tugas yang harus dijalankan oleh menteri keuangan.

    "Ini sebetulnya kebijakan yang ditempuh panitia terkait piutang negara. Bukan hanya Kemenkeu, bahwa menteri itu adalah ketua urusan dari piutang negara, iya," kata Isa dalam video conference di Jakarta, Jumat, 18 September 2020.

    Isa menambahkan kepanitiaan ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 49 Tahun 1960 tentang Panitia Piutang Urusan Negara. Panitia terdiri dari menteri keuangan, kejaksaan agung, kepolisian, bahkan juga melibatkan pemerintah daerah.

    "Sehingga ini satu panitia yang ditugaskan berdasarkan UU 49/1960 untuk mengurus piutang negara yang enggak selesai-selesai. Jadi kalau ada piutang dari K/L enggak selesai, ditagih belum bisa dibereskan, dibayar oleh yang bertanggung jawab untuk piutang tersebut, maka oleh K/L diserahkan kepada panitia urusan piutang negara," jelas dia.

    Meski demikian, Isa enggan membeberkan berapa piutang yang menjadi tanggung jawab Bambang kepada negara. Sebab hal tersebut termasuk informasi yang dikecualikan dari pemberitahuan informasi kepada publik.

    Adapun gugatan Bambang tercatat di PTUN dengan nomor perkara 179/G/2020/PTUN.JKT. Dalam gugatannya tersebut, Bambang meminta supaya keputusan Menkeu yang membuatnya tidak bisa pergi keluar negeri dibatalkan.

    Sementara gugatan yang dipermasalahkan adalah Keputusan Menteri Keuangan No.108/KM.6/2020 Tanggal 27 Mei 2020 Tentang "Penetapan Perpanjangan Pencegahan Bepergian Ke Luar Wilayah Republik Indonesia Terhadap Sdr.Bambang Trihatmodjo (Ketua Konsorsium Mitra Penyelenggara Sea Games XIX Tahun 1997) dalam Rangka Pengurusan Piutang Negara".


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id