Pemerintah Jamin APBN Fleksibel untuk Dukung Pemulihan Ekonomi

    Eko Nordiansyah - 04 Maret 2021 21:52 WIB
    Pemerintah Jamin APBN Fleksibel untuk Dukung Pemulihan Ekonomi
    Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara - - Foto: dok Antara



    Jakarta: Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebut Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan menjadi instrumen utama dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Sebab, survival and recovery kit dari APBN menjadi salah satu game changer dalam menghadapi pandemi covid-19.

    "APBN sangat penting untuk fleksibel dan terus beradaptasi dengan desain kebijakan yang fleksibel," katanya  dalam webinar 'Analisis Dampak Sosial dan Ekonomi Pandemi terhadap Rumah Tangga di Indonesia' di Jakarta, Kamis, 4 Maret 2021.






    Selain itu, pemerintah juga tetap menjalankan kebijakan intervensi kesehatan untuk menghentikan laju pandemi covid-19. Salah satunya adalah dengan dimulainya program vaksinasi bagi masyarakat untuk mencapai herd immunity.

    Suahasil menegaskan bahwa akar permasalahan pandemi covid-19 ini berada di sektor penanganan kesehatan. Karena itu, penting bagi pemerintah untuk terus memberikan dukungan kesehatan, termasuk memberikan vaksin secara gratis bagi masyarakat.

    "Salah satu yang terpenting adalah vaksinasi gratis bagi 485 juta orang Indonesia untuk mendapatkan herd immunity. Kami sudah memulai program vaksinasi dan kami ingin memastikan bahwa Indonesia bisa mendapatkan herd immunity secepat mungkin," ungkapnya.

    Kemudian melakukan reformasi struktural melalui Undang-Undang Cipta Kerja akan menjadi game changer usai pandemi. Kebijakan ini menjadi instrumen untuk mendorong transformasi dan mengubah fundamental ekonomi Indonesia.
     

    "Bertahan dari pandemi tidak hanya bertahan hidup, tetapi memastikan Indonesia berikutnya memiliki lingkungan baru, lanskap ekonomi jauh lebih kondusif untuk investasi, untuk penciptaan lapangan kerja dan untuk kemakmuran. Kami terus memastikan bahwa operasionalisasi UU Ciptaker akan menjadi reformasi struktural untuk masa depan Indonesia," jelas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id