BI Ubah Proyeksi Ekonomi Global, Tumbuh 3,2% di 2020

    Husen Miftahudin - 23 Januari 2020 17:13 WIB
    BI Ubah Proyeksi Ekonomi Global, Tumbuh 3,2% di 2020
    Rapat Dewan Gubernur BI. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) memproyeksi pertumbuhan ekonomi dunia pada 2020 sebesar 3,2 persen. Ramalan bank sentral Indonesia ini lebih baik ketimbang prakiraan sebelumnya yang hanya tumbuh 3,1 persen.

    "Pertumbuhan ekonomi dunia di tahun 2020 yang semula kami perkirakan tumbuh 3,1 persen akan naik mnjadi 3,2 persen. Setelah kami bahas dua hari ini (dalam Rapat Dewan Gubernur/RDG) akan bisa naik ke 3,2 persen," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 23 Januari 2020.

    Perry menjelaskan, perbaikan ekonomi global berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi domestik. Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi dalam negeri pada 2020 ini berada di rentang 5,1 persen hingga 5,5 persen dengan titik tengah sasaran kisaran pada posisi 5,3 persen.

    Menurutnya, kondisi global yang membaik juga berimbas pada perkembangan siklus ekonomi RI. Siklus ekonomi di Indonesia saat ini sudah melewati titik terendah dan terus mengalami peningkatan.

    Siklus ekonomi mencerminkan dinamika perekonomian sejalan dengan berbagai perkembangan, baik dari sisi faktor luar negeri maupun faktor dalam negeri. Faktor luar negeri, siklus ekonomi Indonesia banyak dipengaruhi perkembangan harga komoditas dunia dan pola pertumbumbuhan ekonomi global dari sisi permintaan.

    "Jadi faktor luar negeri menjadi faktor positif bagi siklus ekonomi kita yang naik. Itu kenapa BI memperkirakan siklus ekonomi kita naik," bebernya.

    Adapun untuk realisasi pertumbuhan ekonomi RI untuk keseluruhan 2019, Perry memprediksi bakal tumbuh di bawah 5,1 persen. Angka ini lebih rendah ketimbang posisi ekonomi Indonesia pada 2018 yang tumbuh 5,17 persen.

    "Memang secara keseluruhan di tahun 2019 itu (pertumbuhan ekonomi Indonesia) sekitar 5,1 persen. Kemungkinan memang perkiraan sementara kami sedikit di bawah 5,1 persen, tapi masih di atas lima persen," tukas dia.

     



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id