Pemerintah Terus Upayakan Inflasi Tetap Rendah

    Eko Nordiansyah - 11 Juli 2019 08:36 WIB
    Pemerintah Terus Upayakan Inflasi Tetap Rendah
    Menko Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Kemenko Perekonomian)
    Jakarta: Pemerintah akan berupaya untuk menjaga laju inflasi tahun ini tetap rendah sebagaimana target yang sudah ditetapkan. Hal itu termasuk upaya pemerintah dalam menghadapi berbagai tantangan yang berpotensi membuat inflasi melonjak.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan tantangan dalam rangka pencapaian sasaran inflasi 2019 antara lain potensi kemarau panjang dan tantangan menjaga ketersediaan pangan pokok antarwaktu dan antarwilayah.

    "Untuk menjawab tantangan tersebut, pemerintah menegaskan komitmen untuk menjaga realisasi inflasi kelompok harga bergejolak (volatile food) maksimal pada level lima persen (yoy) dan menjalankan kebijakan utama 4K," kata dia, di Gedung Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Juli 2019.

    Kebijakan 4K yang dimaksud yakni Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi yang Efektif. Selain itu, pemerintah memandang pentingnya penciptaan ekosistem yang mendukung terwujudnya ketersediaan pangan pokok antarwaktu dan antarwilayah.

    "Kebijakan mendorong hilirisasi produk pertanian, perbaikan sistem logistik, peningkatan produktivitas pertanian, dan penerapan sistem klaster di sektor pertanian perlu disinergikan dengan segenap pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah," jelas dia.

    Tahun ini pemerintah menargetkan sasaran inflasi sebesar 3,5 plus minus satu persen. Realisasi inflasi selama semester I-2019 terjaga pada tingkat 3,28 persen (yoy) dan 2,05 persen (ytd), atau masih terkendali sesuai dengan target sasaran 2019. Bahkan inflasi daerah juga tetap terkendali.
     
    Terjaganya realisasi inflasi sejalan dengan konsistensi seluruh elemen Tim Pengendalian Inflasi Nasional, yaitu TPIP, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dan TPID Kabupaten/Kota dalam menjalankan strategi kebijakan 4K serta mengimplementasikan Peta jalan Pengendalian Inflasi tahun 2019-2021.

    "Serangkaian kebijakan penurunan tarif angkutan udara juga telah memberikan kontribusi terjaganya inflasi dalam periode Ramadan dan Lebaran 2019 dan semester I-2019," ungkapnya.

    Dalam rangka memperkuat koordinasi pemerintah pusat dan daerah, TPIP juga akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2019 yang mengangkat tema 'Sinergi dan Inovasi Pengendalian Inflasi untuk Penguatan Ekonomi yang Inklusif' yang rencananya dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.
     
    "Langkah-langkah tersebut diyakini akan terus memperkuat kualitas koordinasi pengendalian inflasi, dan mendukung sinergi kebijakan moneter dan fiskal dalam mengelola kondisi makroekonomi yang sehat serta kebijakan-kebijakan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah yang memperbaiki konektivitas dan kelancaran distribusi," pungkas dia.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id