comscore

Insentif Pajak jadi Salah Satu Penyebab Tax Ratio RI Rendah

Suci Sedya Utami - 20 April 2018 18:36 WIB
Insentif Pajak jadi Salah Satu Penyebab <i>Tax Ratio</i> RI Rendah
Ilustrasi. (Foto: Antara/Andika Wahyu).
Mataram: Rasio pajak (tax rasio) pajak Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) saat ini masih berada di level 10,8 persen. Angka tersebut dinilai masih rendah dibanding negara tetangga di kawasan.

Direktur Potensi Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Ditjen Pajak Yon Arsal mengatakan banyak yang melatarbelakangi tax ratio, salah satunya yakni karena adanya policy gap atau kebijakan pemerintah untuk memberikan insentif pajak dalam bentuk pembebasan (exemption).
"Ada gap pajak yang enggak bisa terkumpul karena adanya policy sekarang," kata Yon di Mataram, Jumat, 20 April 2018.

Yon mengatakan negara dalam tanda kutip mengorbankan peluang untuk memungut pajak dalam jumlah yang lebih besar untuk jangka pendek dengan memberikan pembebasan pajak seperti tax holiday, atau penurunan tarif pada UKM, atau kenaikan batas penghasilan tidak kena pajak(PTKP) agar bisa menerima penerimaan yang lebih besar untuk jangka panjang.

Selain, karena adanya policy gap, tax ratio juga dipengaruhi oleh administrasi gap yakni kapasitas otoritas pajak yang belum maksimal dalam mengejar penerimaan pajak seperti masih adanya gap antara pegawai pajak dan wajib pajak yang tentu mempengaruhi tingkat kepatuhan.

"IMF bilang perbaikan administrasi masih ada ruang, baik policy maupun administrasi berkontribusi pada tax ratio kita," tandas dia.

 

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id