Berkat Kookmin, Bukopin Raih Dana Segar Rp920 Miliar

    Husen Miftahudin - 17 November 2020 17:17 WIB
    Berkat Kookmin, Bukopin Raih Dana Segar Rp920 Miliar
    Ilustrasi Bukopin raih dana segar - - Foto: MI/ Ramdani
    Jakarta: PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) mencetak pertumbuhan kinerja yang apik usai diakuisisi KB Kookmin Bank Co. Ltd., (Kookmin Bank). Hal ini berdampak positif bagi kinerja Bank Bukopin yang tercermin dari dari peningkatan rasio kecukupan modal, dana pihak ketiga (DPK), perluasan segmen pasar terbaru, hingga perolehan dana dari bisnis baru senilai Rp920 miliar.

    Kookmin Bank tercatat sebagai pemegang saham pengendali (PSP) Bank Bukopin dengan kepemilikan saham sebesar 67 persen dengan total investasi mencapai USD879 juta. Direktur Utama Bank Bukopin Rivan Achmad Purwantono menyampaikan bahwa kepemilikan mayoritas KB Kookmin semakin meningkatkan kepercayaan publik, ekosistem industri perbankan, nasabah, investor, lembaga pemeringkat utang, dan kinerja perseroan.

    "Setelah Kookmin Bank merealisasikan aksi korporasi sebagai pemegang saham mayoritas, Bank Bukopin berhasil meningkatkan CAR menjadi 16,24 persen pada September 2020 dari sebelum aksi korporasi pada Mei 2020 yang CAR-nya sebesar 12,07 persen," ujar Rivan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa, 17 November 2020.

    Rivan menuturkan, DPK Bank Bukopin juga mengalami pertumbuhan positif dibandingkan kondisi sebelumnya. Selain mendapat bantuan likuiditas secara langsung (direct placement), Bank Bukopin juga dapat menormalisasi layanan dan menjalin kembali kerja sama pasar uang (money market) dan credit line dengan bank besar di Indonesia, terutama Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) 4 dan BUKU 3 dengan mengoptimalisasi relasi kemitraan yang baik antara Kookmin Bank dengan bank korespondennya di Indonesia.

    Menurutnya, kepercayaan investor dan nasabah terhadap aksi korporasi Kookmin Bank menjadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin kian menguat yang tercermin dari langkah sejumlah lembaga pemeringkat yang mengerek peringkat Bukopin, yakni PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) yang menaikkan peringkat Bukopin dari 'idA-', menjadi 'idAA' dengan Prospek Stabil dan memperoleh peringkat 'idAAA' dari 'idAA' oleh Fitch Ratings Indonesia.

    "Peringkat dari Fitch Ratings Indonesia menetapkan peringkat utang Bank Bukopin di Peringkat Nasional Jangka Panjang Bukopin dan ditetapkan pada Rating Watch Positif sehingga peringkat tersebut masuk dalam kategori Investment Grade," papar dia.

    Masuknya Kookmin Bank juga telah memberikan pasar baru untuk Bank Bukopin lantaran meningkatkan DPK dari jaringan pebisnis dan perusahaan Korea Selatan di Indonesia dengan memobilisasi Korean Link Business/Korean Desk usai akuisisi tersebut.

    "Hingga Oktober 2020, total dana masuk dari new business atau bisnis baru ini telah mencapai lebih dari Rp920 miliar," ungkap Rivan.

    Kedepannya, Bank Bukopin akan terus mengedepankan prinsip kehati-hatian (prudent), terutama di masa pandemi covid-19 yang bisa berdampak negatif terhadap seluruh sektor bisnis, termasuk industri perbankan. Untuk itu, Rivan menggarisbawahi, saat ini industri perbankan terpengaruh oleh pertumbuhan ekonomi nasional yang terkontraksi lantaran terdampak pandemi covid-19.

    "Terbatasnya permintaan domestik berdampak terhadap menurunnya repayment capacity debitur yang berpotensi untuk meningkatkan non performing loan (NPL). Sebagai upaya Bank Bukopin untuk mengantisipasi risiko kredit di masa depan dan menjaga rasio NPL nett di bawah lima persen, maka Bank Bukopin telah membukukan tambahan beban Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) yang cukup untuk menjaga rasio NPL di bawah lima persen," imbuh Rivan.

    Saat ini, Bank Bukopin fokus membenahi operasional untuk mencapai performa pelayanan prima kepada nasabah. Beberapa langkah yang dilakukan perseroan adalah dengan memaksimalkan sinergi antara Bank Bukopin dan Kookmin Bank yang bekerja sama dengan salah satu konsultan manajemen internasional untuk menyusun strategi untuk meningkatkan kinerja dan transformasi bisnis.


    "Di bawah kepemilikan dan dukungan Kookmin Bank, kami bercita-cita menjadi 10 bank teratas di Indonesia pada 2025," ujar Rivan.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id