Keputusan Restrukturisasi Jiwasraya Dinilai Sesuai Aspirasi Nasabah

    Eko Nordiansyah - 30 November 2020 19:07 WIB
    Keputusan Restrukturisasi Jiwasraya Dinilai Sesuai Aspirasi Nasabah
    Asuransi Jiwasraya. Foto : MI.
    Jakarta: Ketua Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya Komisi VI DPR RI Aria Bima menegaskan opsi restrukturisasi yang telah dipilih oleh Panja Jiwasraya Komisi VI DPR merupakan opsi terbaik di antara opsi yang ada untuk menyelamatkan polis nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

    Aria menyampaikan opsi restrukturisasi yang saat ini telah menjadi keputusan komisi VI DPR, diputuskan dengan penuh pertimbangan serta mengedepankan aspirasi para pemegang polis Jiwasraya.

    "Panja telah melakukan rapat dengan para pakar dan ahli hingga memilih opsi restrukturisasi untuk penyelamatan polis nasabah. Keputusan ini juga diambil atas dasar aspirasi dari para nasabah," kata Aria saat melaporkan hasil Panja Jiwasraya pada rapat Komisi VI DPR di Jakarta, Senin, 30 November 2020.

    Adapun beberapa opsi lain yang tersedia, jelas Aria, terdapat opsi bailout dan likuidasi. Namun kedua opsi itu bukan pilihan yang tepat dan akan berimbas kepada kerugian besar terutama bagi para nasabah Jiwasraya.

    Menurutnya, opsi bailout tidak dapat diterapkan lantaran tidak memiliki dasar hukum. Sehingga, jika hal itu dipaksakan tentu akan berisiko bagi pemangku kebijakan.

    Sedangkan opsi likuidasi, diperkirakan akan menciptakan ketidakpastian untuk pengembalian dana nasabah. Bahkan imbas buruknya, opsi likuidasi akan memberi dampak buruk pada aspek sosial, politik dan ekonomi nasional.

    "Makanya yang kita pilih adalah opsi restrukturisasi dengan skema bail in ke IFG," tutur Aria Bima.

    Restrukturisasi penyelamatan polis nasabah Jiwasraya ini akan memindahkan polis nasabah Jiwasraya kepada perusahaan IFG Life setelah dilakukan penyesuaian manfaat. IFG Life sendiri merupakan anak perusahaan Indonesia Financial Group (IFG) yang merupakan holding perusahaan asuransi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id