Transaksi Pinjaman Digital BRI Tumbuh 53%

    Husen Miftahudin - 13 Mei 2020 17:11 WIB
    Transaksi Pinjaman Digital BRI Tumbuh 53%
    Ilustrasi BRI - - Foto: MI/ Irfan
    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mencatat fasilitas pinjaman digital melalui produk Ceria dan Paylater Card tumbuh positif di tengah pandemi virus korona (covid-19). Transaksi layanan digital kedua produk tersebut tumbuh sebanyak 53 persen pada April 2020.

    "Produk Ceria dan Paylater Card mendapat respons positif dari masyarakat di tengah pandemi ini, ditandai dengan kenaikan jumlah user pada April 2020 sebesar 28 persen dan tercatat adanya peningkatan sales volume 30 persen dibandingkan Maret 2020," kata Direktur Konsumer BRI Handayani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, 13 Mei 2020.

    Kenaikan ini dinilai sejalan dengan penerapan physical distancing atau mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah, interaksi dengan orang lain, dan mengurangi kontak tatap muka langsung. Pasalnya, kondisi tersebut berdampak pada penurunan ekonomi di berbagai sektor, seperti penurunan penjualan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta penurunan gaji karyawan di beberapa perusahaan.

    "Kami berkomitmen agar masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan belanja dengan mudah dari rumah melalui layanan dan fasilitas digital yang kami sediakan. Selain itu, BRI juga memberikan program potongan harga hingga Rp2 juta di beberapa e-commerce dan merchant kerja sama," urainya.

    Ceria merupakan produk pinjaman digital berupa aplikasi smartphone untuk pembiayaan transaksi melalui e-commerce dengan limit hingga Rp20 juta. Produk ini menggunakan teknologi digital verification, credit scoring, dan digital signature.


    Sementara itu, Traveloka Paylater Card merupakan kolaborasi BRI dengan Traveloka Paylater yang menghadirkan ekosistem pembayaran digital yang komprehensif. Pengguna dapat mengaktifkan dan mengelola Traveloka PayLater Card melalui aplikasi Traveloka, serta bertransaksi di merchant online dan offline di lebih dari 53 juta lokasi merchants di seluruh dunia yang menerima pembayaran dengan Visa.

    Handayani menjelaskan perseroan telah juga menyiapkan platform-platform digital yang siap untuk dikolaborasikan dengan partner-partner kerja sama seperti Gojek, Grab, dan partner lainnya. Saat ini BRI telah menghadirkan fasilitas pinjaman kredit ringan mulai dari Rp5 juta hingga Rp20 juta bagi mitra terpilih yang sudah dilakukan prescreening terlebih dahulu oleh Gojek dan Grab.

    Pemberian pinjaman bunga ringan ini merupakan salah satu upaya BRI untuk membantu UMKM dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian dan melakukan penilaian kebutuhan mitra Gojek dan Grab tersebut. Sejak program berjalan pada April 2020, antusiasme mitra sangat positif dengan rasio pengajuan terhadap penawaran (take-up-ratio) mencapai 80 persen.

    "Kami optimistis dapat membantu lebih dari 250 ribu mitra dalam masa pandemi ini. Dengan adanya kerja sama ini kami harapkan dapat meningkatkan penetrasi produk dan layanan berbasis digital BRI serta membantu pelaku usaha UMKM yang terdampak agar dapat tetap menjalankan aktivitas usahanya," tutup Handayani. 



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id