Tips Agar PIN Kartu Kredit Sulit Dibobol

    Annisa ayu artanti - 23 Juni 2020 14:40 WIB
    Tips Agar PIN Kartu Kredit Sulit Dibobol
    Ilustrasi Kartu Kredit - - Antara/ Rosa Panggabean
    Jakarta: Kewajiban menggunakan PIN (Personal Identification Number) saat bertransaksi dengan kartu kredit akan dimulai pada 1 Juli 2020.

    Masyarakat yang selama ini melakukan transaksi kartu kredit dengan autentikasi melalui tanda tangan, tidak akan diterima lagi pembayarannya jika belum membuat PIN.
     
    Lantas bagaimana membuat PIN kartu kredit yang aman dan sulit dijebol oleh para hacker? Lifestyle Influencer Jonathan End menyebut berdasarkan sosial eksperimen yang telah dilakukannya, banyak masyarakat Indonesia membentuk PIN berdasarkan enam digit tanggal lahir, tanggal jadian, dan tanggal lahir pasangan. Pembentukan PIN dari kombinasi itu sering dibobol hacker.

    "Oleh karena itu, ada tips cerdas menggunakan PIN," katanya dalam diskusi virtual, Selasa, 23 Juni 2020.

    Berikut tips pembuatan PIN:

    1. Jangan menggunakan kombinasi urutan angka

    Menurut Jonathan, banyak satu dari 10 orang masih menggunakan kombinasi 123456 dalam membentuk PIN mereka atau kombinasi angka yang sama 000000 atau 66666. Ia meminta kombinasi seperti ini sering sekali dibobol oleh hacker.

    "Dari sepuluh angka itu 123456 atau 000000. Kalau ada password yang seperti itu diganti," ucapnya.
     
    2. Jangan menggunakan kombinasi PIN sama dengan anggota keluarga yang lain

    Jonathan mengakui manusia tidak memiliki keterbatasan untuk mengingat angka. Namun tidak disarankan untuk menyamaratakan PIN dengan anggota keluarga yang lain. Sebab, penggunaan kombinasi PIN seperti itu akan merugikan, jika salah satu anggota keluarga ceroboh sehingga yang lain akan terkena imbasnya.

    "Kalau satu pin ketahuan, ketahuan semua. Jangan dicatat di kertas dan kertasnya ditaruh di dompet yang sama. Kalau dompetnya hilang, ludes deh tabungan," ujarnya.

    3. Jangan menggunakan kombinasi tanggal lahir

    Kombinasi tanggal lahir paling sering digunakan untuk membentuk PIN. Menurut Jonathan kombinasi ini mudah sekali ditebak. Sebab di era serba digital saat ini tanggal lahir bukan menjadi suatu yang private.

    Seseorang dengan gampang bisa mengetahui tanggal lahir dengan cara mengikuti akun media sosial, kemudian mencari foto saat memegang kue atau merayakan ulang tahun.

    4. Jangan memberi tahu PIN ke siapa pun

    Selain pembentukan PIN yang kadang ceroboh, Jonathan menambahkan masyarakat Indonesia juga kerap kali ceroboh memberikan kode rahasia kepada orang lain dengan iming-iming hadiah. Hal tersebut dimintanya dihindari untuk keamanan transaksi di kemudian hari.

    "Jangan kasih tahu ke pihak bank. Banyak yang telepon. Diharapkan dengan kita tahu, lebih cerdas bertransaksi menggunakan pin, jadi membuat kartu kita menjadi aman," tukasnya.

    Jonathan bilang menggunakan PIN sesulit dan semudah mungkin untuk diingat. "PIN tidak selalu kombinasi tanggal-tanggal cantik tetapi pattern angka, seperti pada kunci di telepon genggam," imbuhnya. 



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id