Siasati Belanja Pintar Pakai Kartu Kredit

    Annisa ayu artanti - 13 Juli 2020 12:29 WIB
    Siasati Belanja Pintar Pakai Kartu Kredit
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Menjalani transisi ke masa kenormalan baru, membuat masyarakat Indonesia mulai aktif mengutamakan sistem pembayaran digital. Salah satunya melakukan pembayaran atau transaksi menggunakan kartu kredit.

    Direktur Retail Banking PermataBank Djumariah Tenteram mengatakan berdasarkan data Bank Indonesia transaksi menggunakan instrumen pembayaran digital selama Maret 2020 meningkat 67,9 persen atau sebesar Rp15,03 triliun dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, yakni Rp8,95 triliun.

    Masyarakat Indonesia juga menjadi lebih akrab dengan transaksi digital, terutama untuk berbelanja melalui e-commerce. Bank Indonesia merilis data bahwa sepanjang Maret 2020 pertumbuhan transaksi pada e-commerce meningkat sebesar 18,1 persen yakni sebanyak 98,3 juta transaksi.

    "Mudahnya proses berbelanja nontunai yang ditawarkan oleh sistem pembayaran digital membuat masyarakat perlu lebih cerdas dalam mengatur pengeluaran. Salah satunya adalah berbelanja secara lebih logis dengan menentukan skala prioritas," kata Djumariah dalam keterangan tertulisnya, Senin, 13 Juli 2020.

    Oleh karena itu, PermataBank mengajak masyarakat untuk tetap logis dan bijak dalam berbelanja dengan memanfaatkan PermataKartuKredit sebagai alat smart shopping di tengah masa yang terbatas.

    "PermataKartuKredit mendukung smart spending dengan memberikan beragam opsi bagi nasabah untuk dapat berbelanja dengan harga yang paling sesuai dan keuntungan lain yang lebih maksimal. Hal ini merupakan bentuk komitmen PermataBank untuk membantu masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan pokok bulanan di masa new normal," ucapnya.

    Berikut ini beberapa tips dan trik agar dapat berbelanja secara pintar menggunakan kartu kredit:

    Menyusun anggaran dan skala prioritas belanja

    Sebelum berbelanja, susun anggaran sesuai dengan pendapatan bulanan dan tentukan skala prioritas. Pastikan daftar belanja yang telah disusun berisi kebutuhan pokok dan perlengkapan yang benar-benar dibutuhkan dan cukup digunakan untuk satu bulan.

    Memaksimalkan keuntungan dalam kartu kredit

    Salah satu keunggulan kartu kredit yaitu memberikan beragam keuntungan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam berbelanja, misalnya memberikan cash back yang bisa digunakan untuk berbelanja kembali.

    Memberikan Keamanan Transaksi

    Maraknya penyalahgunaan transaksi online menjadi pertimbangan utama dalam memilih alternatif pembayaran ketika berbelanja. PermataKartuKredit memiliki fitur Permata Navigator yang memberikan notifikasi langsung di ponsel pengguna segera setelah pembayaran dilakukan.

    Untuk keamanan lebih disarankan untuk menggunakan kode OTP pada transaksi online dan PIN untuk transaksi langsung di merchant. Hal ini juga membuat transaksi menggunakan kartu kredit tercatat.

    Mengontrol pengeluaran belanja

    Mengatur cash flow dalam berbelanja merupakan salah satu kunci penting dalam menerapkan smart shopping. Cari kartu kredit yang menyediakan fitur cicilan dengan bunga nol persen dan biaya administrasi rendah.

    Disiplin membayar tagihan

    Membayar tagihan bulanan seperti Telkom, PLN, dan PAM menggunakan kartu kredit, selain lebih praktis, menjadikan tagihan bulanan Anda berada pada satu pintu. Dengan demikian lebih memudahkan Anda pula dalam mengatur pos-pos pengeluaran.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id