comscore

Langkah Doni Primanto Hadapi 4 Tantangan Ekonomi

Husen Miftahudin - 08 Juli 2020 15:28 WIB
Langkah Doni Primanto Hadapi 4 Tantangan Ekonomi
Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Primanto Joewono. Foto: Dok. TVR Parlemen
Jakarta: Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Primanto Joewono mengakui ekonomi domestik saat ini menghadapi empat tantangan besar. Pertama, jelas dia, menjaga ketahanan ekonomi akibat tekanan pandemi covid-19, kedua mengoptimalkan potensi perekonomian agar tumbuh tinggi dan inklusif.

Ketiga, menjaga sektor keuangan agar tidak rentan terhadap gejolak dan mampu menyediakan pembiayaan ekonomi. Keempat, mampu memanfaatkan perkembangan digitalisasi bagi kemajuan perekonomian Indonesia.
Dalam jangka pendek, sebutnya, bank sentral perlu menempuh kebijakan yang diharapkan lebih kepada emergency response. Hal ini bertujuan agar Bank Indonesia mampu menjaga ketahanan ekonomi dalam menghadapi pandemi covid-19.

"Apabila terpilih menjadi anggota dewan gubernur, kami akan memperkuat perumusan kebijakan Bank Indonesia, baik menjaga stabilitas perekonomian yang ditempuh melalui bauran kebijakan di bidang moneter, makroprudensial, sistem pembayaran, serta dengan penguatan koordinasi, komunikasi, dan kebijakan," jelas Doni dalam uji kelayakan dan kepatutan dengan Komisi XI DPR, Rabu, 8 Juli 2020.

Dalam hal ini Doni mendukung upaya dan langkah yang telah dilakukan bank sentral saat ini. Di antaranya kebijakan terkait menjaga stabilitas moneter, stabilitas nilai tukar rupiah yang didukung triple intervention, penguatan kebijakan dan surveilans makroprudensial untuk stabilitas sistem keuangan.

"Kemudian penguatan sinergi kebijakan dan pengawasan makroprudensial serta mikroprudensial oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terutama dalam proses pengambil keputusan protokol manajemen krisis," urainya.

Di bidang sistem pembayaran, Doni akan memastikan kelancaran sistem pembayaran tunai dan nontunai untuk mendukung aktivitas ekonomi. Termasuk penggunaan nontunai dalam memitigasi dampak pandemi covid-19.

"Dalam bidang sistem pembayaran, keandalan infrastruktur sistem pembayaran akan terus ditingkatkan. Mulai dari front end, middle, hingga back end, untuk pembayaran ritel maupun yang bernilai besar," ungkap Doni.

Doni Primanto Joewono merupakan salah satu dari tiga calon Deputi Gubernur Bank Indonesia yang ditunjuk Dewan Gubernur BI dan direstui Presiden Joko Widodo untuk diproses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test oleh Komisi XI DPR. Kedua calon lainnya ialah Juda Agung dan Aida Suwandi Budiman.

Ketiganya merupakan pejabat karir bank sentral. Saat ini, Doni Primanto Joewono menjabat sebagai Kepala Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) BI. Juda Agung menjabat sebagai Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI. Sedangkan Aida Suwandi Budiman adalah Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI.

Ketiganya akan memperebutkan kursi Erwin Rijanto yang telah berakhir masa jabatannya. Erwin menanggalkan jabatan Deputi Gubernur Bank Indonesia bidang III yang membawahi bidang moneter, stabilitas sistem keuangan, pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan hukum pada 16 Juni 2020.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id