Hingga Juni, BTN Restrukturisasi Kredit Nasabah Senilai Rp36,4 Triliun

    Annisa ayu artanti - 03 Agustus 2020 16:17 WIB
    Hingga Juni, BTN Restrukturisasi Kredit Nasabah Senilai Rp36,4 Triliun
    Ilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar
    Jakarta: PT Bank Tabungan Negara Tbk mencatat sudah melakukan restrukturisasi sebanyak 230 ribu para nasabahnya hingga akhir Juni 2020.

    Direktur Utama BTN Pahala N Mansury menyebutkan sebagian besar restrukturisasi yang dilakukan adalah untuk nasabah kredit kepemilikan rumah (KPR).

    "Saat ini sudah dilakukan restrukturisasi ke 230 ribu nasabah, dari berbagai segmen. Yang paling banyak untuk KPR," kata Pahala dalam konferensi pers virtual, Senin, 3 Agustus 2020.

    Pahala menyebut total nilai restrukturisasi tersebut sekitar Rp36,4 triliun.

    Menurutnya, jumlah tersebut dinilai cukup baik lantaran sebelumnya pihaknya memperkirakan 1,5 juta nasabah yang akan mengajukan keringanan kredit.

    "Itu kalau sekarang 230 ribu, masih di bawah seperlimanya. Masih di bawah 15 persen nasabah yang kami lakukan restrukturisasi. Jadi kondisi ini masih cukup baik," ujarnya.

    Kendati demikian Pahala menegaskan, pihaknya membuka peluang restrukturisasi. Khususnya restrukturisasi kepada nasabah yang mengalami penurunan pendapatan.

    "Masih dimungkinkan dilakukan restrukturisasi kalau nasabah menunjukkan pendapatan mereka mengalami penurunan," ucapnya.

    Lebih lanjut, Pahala menambahakan, sejauh ini BTN mencatat pola penurunan permintaan terhadap restrukturisasi. Adapun puncak restrukturisasi terjadi pada April dan Mei 2020.

    "Polanya kita lihat, jumlah nasabah yang meminta restrukturisasi di Juli dibandingkan Juni lalu, itu menurun 50 persen. Artinya sudah jauh lebih sedikit yang membutuhkan restrukturisasi di bulan Juli dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Juni menurun 30 persen dibandingkan bulan Mei," tukasnya.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id