Jokowi Minta Perusahaan Fintech Tingkatkan Inklusi Keuangan

    Annisa ayu artanti - 11 November 2020 14:33 WIB
    Jokowi Minta Perusahaan <i>Fintech</i> Tingkatkan Inklusi Keuangan
    Presiden Joko Widodo - - Foto: Dokumentasi Medcom
    Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta para perusahaan financial technology (fintech) turut meningkatkan inklusi keuangan. Pasalnya, indeks inklusi keuangan Indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan dengan negara ASEAN.

    Indek inklusi keuangan Indonesia di 2019 masih 76 persen, sedangkan Singapura 98 persen, Malaysia 85 persen, dan Thailand 82 persen.

    "Kita masih punya pekerjaan rumah yang besar dalam pengembangan teknologi finansial, indeks inklusi keuangan masih tertinggal dibanding beberapa negara ASEAN," katanya dalam Indonesia Fintech Summit 2020, Rabu, 11 November 2020.

    Menurutnya perusahaan fintech bisa menjadi agen dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia seiring dengan perkembangan layanan fintech pada penyaluran pinjaman.

    Tercatat, kontribusi perusahaan fintech dalam penyaluran pinjaman nasional di tahun ini mencapai Rp128,7 triliun, atau meningkat 113 persen secara tahunan.

    Kemudian hingga September 2020, Jokowi menyebut terdapat 89 penyelenggara fintech yang berkontribusi Rp9,87 triliun pada transaksi layanan jasa keuangan Indonesia, dan Rp15,5 triliun disalurkan penyelenggara fintech equity crowdfunding berizin.

    "Oleh karena itu, saya harap inovator finetch tidak hanya sebagai penyalur pinjaman dan pembayaran online saja, tapi juga sebagai penggerak utama literasi keuangan digital bagi masyarakat," terang dia.

    Sementara itu, tingkat literasi keuangan digital di Indonesia masih sangat rendah yakni sebesar 35,5 persen. Sebab, masih banyak masyarakat yang menggunakan layanan keuangan informal dan hanya 31,26 persen memanfaatkan layanan digital.  


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id