Survei Jenius: Pengguna Mobile Banking Naik hingga 12% selama Pandemi

    Ade Hapsari Lestarini - 15 April 2021 16:39 WIB
    Survei Jenius: Pengguna <i>Mobile Banking</i> Naik hingga 12% selama Pandemi
    Digital Banking Business Product Head BTPN Waasi B. Sumintardja. Foto: Medcom.id.



    Jakarta: Pandemi covid-19 membuat masyarakat mengubah cara bertansaksinya. Transaksi nontunai pun menjadi pilihan aman demi menghindari virus covid-19.

    Digital Banking Business Product Head BTPN Waasi B. Sumintardja menuturkan pengguna mobile banking selama pandemi naik menjadi 83 persen dibandingkan awal pandemi yang berada di posisi 71 persen.






    "Perubahan cara transaksi untuk mobile banking dari 71 persen di awal pandemi ke 83 persen selama pandemi. Ada kenaikan sebesar 12 persen. Selain itu terjadi pergeseran transaksi, fitur yang sering digunakan dari uang tunai menjadi top up dan transfer," ujar Waasi, saat konferensi pers daring, Kamis, 15 April 2021.

    Survei yang dilakukan oleh Jenius terhadap 567 responden dengan digital savvy (konsumen yang hidup dalam dunia digital) berusia 24-40 tahun ini juga mengungkap saat awal pandemi, pengguna Automated Teller Machine (ATM) sebesar 45 persen. Namun selama pandemi turun menjadi 25 persen.

    Survei Jenius: Pengguna <i>Mobile Banking</i> Naik hingga 12% selama Pandemi
    Kemudian pengguna internet banking di awal pandemi berada di posisi 32 persen, serta naik menjadi 34 persen di selama pandemi.

    Dia mengungkap, pengguna Cash Deposit Machine (CDM) dan transaksi melalui kantor cabang (teller) tetap berada di urutan akhir, baik awal pandemi hingga selama pandemi. Yakni masing-masing dari 17 persen turun ke 12 persen, serta tujuh persen turun ke tiga persen.

    "Jenius juga mendukung transaksi nontunai. Seperti Jeniuspay transaksinya meningkat, transaksi nontunai relevan dengan kondisi pandemi yang juga meningkat, seperti penggunaan QR Code, pengguna jenius bisnis juga meningkat," tambah dia.

    Perubahan cara konsumsi gadget

    Selain adanya perubahan cara bertransaksi, konsumsi penggunaan gadget juga berubah. Dia menuturkan aplikasi yang paling sering diakses yakni sosial media sebesar 82 persen, mobile/digital banking sebesar 33 persen, dan games sebesar 26 persen.

    Kemudian waktu dalam menggunakan gadget pun berubah, yakni penggunaan meningkat sebesar 59 persen, penggunaan tetap sama sebesar 38 persen, dan penggunaan menurun sebesar dua persen.

    Sementara screen time rata-rata per hari sebanyak 4-6 jam sebesar 42 persen, 1-3 jam sebesar 23 persen, 7-10 jam sebesar 20 persen, >10 jam sebesar 12 persen, dan <1 jam sebesar tiga persen.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id