Bank Mandiri Catat Realisasi Penyaluran Dana PEN Capai Rp44,88 Triliun

    Annisa ayu artanti - 18 Oktober 2020 16:39 WIB
    Bank Mandiri Catat Realisasi Penyaluran Dana PEN Capai Rp44,88 Triliun
    Ilustrasi. Foto: MI/Adam Dwi
    Jakarta: PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mempercepat pergerakan ekonomi nasional dengan mendukung perputaran bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

    Plt Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan pihaknya melakukan berbagai program bantuan untuk menggerakkan UMKM dengan mengoptimalisasi penyaluran dana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) maupun Kredit Usaha Rakyat (KUR).

    Adapun hingga 15 Oktober 2020 penyaluran PEN Bank Mandiri sudah mencapai Rp44,88 triliun yang disalurkan kepada lebih dari 153 ribu nasabah.

    "Dana program PEN merupakan salah satu upaya penting untuk memulihkan perekonomian. Untuk itu, Bank Mandiri bersama bank Himbara lain sangat mendukung program ini agar ekonomi kembali pulih bergerak kembali ke arah yang lebih baik," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu, 18 Oktober 2020.

    Lebih lanjut, Hery menuturkan Bank Mandiri juga fokus menyalurkan dana PEN kepada pelaku UMKM. Penyaluran dana PEN untuk pelaku UMKM mencapai Rp23,56 triliun atau sebesar 52 persen dari total dana PEN yang disalurkan oleh Bank Mandiri.

    Penyaluran tersebut juga dilakukan ke berbagai sektor antara lain sektor pendukung industri Pertanian, FMCG (Fast Moving Consumer Goods), Jasa, Perdagangan dan sektor lainnya yang terdampak covid-19 termasuk sektor padat karya agar tidak terjadi pemutusan hubungan kerja.

    "Penyerapan permodalan untuk UMKM diperlukan guna mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional seperti saat ini," ujarnya.

    Selain kredit program PEN, Bank Mandiri juga gencar menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sejak pertama kali KUR digulirkan sampai dengan 30 September 2020, Bank Mandiri telah menyalurkan Rp105,64 triliun. Penyaluran itu pun telah menggerakkan bisnis lebih dari 1,7 juta debitur pelaku UMKM.

    Khusus untuk 2020, sampai akhir September lalu Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp14,74 triliun. Penyaluran tersebut ditujukan untuk sektor-sektor produktif sehingga mampu mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.

    Hery merinci, untuk penyaluran KUR ke sektor produksi Bank Mandiri mencatat sudah mencapai 60,53 persen dari total penyaluran atau senilai lebih dari Rp8,9 triliun. Dari jumlah tersebut, sektor pertanian menyumbang 28,43 persen, sektor perikanan 2,37 persen, sektor Industri pengolahan 8,75 persen, sektor pertambangan 0,04 persen dan sektor jasa produksi menyumbang 20,94 persen.

    “Penyaluran KUR Bank Mandiri diberikan kepada 175.140 debitur pelaku usaha mikro. Ke depan, kami akan mengoptimalkan seluruh jaringan Bank Mandiri dan layanan digital berupa platform Mandiri Pintar untuk penyaluran KUR, serta melakukan kegiatan edukasi dan pendampingan sehingga usaha pelaku UMKM penerima KUR Bank Mandiri dapat terus berkembang,” pungkasnya.
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id