comscore

BNC: Tingkat Literasi Keuangan di Indonesia Masih Harus Ditingkatkan

Angga Bratadharma - 12 April 2022 07:05 WIB
BNC: Tingkat Literasi Keuangan di Indonesia Masih Harus Ditingkatkan
Bank Neo Commerce menyebut masyarakat masih banyak mengalami permasalahan finansial dan literasi keuangan. FOTO: Bank Neo Commerce
Jakarta: PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) berpandangan literasi keuangan di masyarakat masih perlu ditingkatkan lebih baik lagi di masa mendatang. Kondisi itu membuat semua pihak terkait perlu bersama-sama mendorongnya agar berdampak positif terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Tanah Air.

Vice President & Head of Marketing BNC Maritsen Darvita menjelaskan tingkat literasi terhadap berbagai produk keuangan dan perbankan memang menjadi masalah utama di masyarakat Indonesia. Menurutnya tingkat literasi keuangan sangat bergantung pada tingkat pendidikan, pendapatan, hingga wilayah demografi yang ada di Indonesia.
Karena itu, lanjutnya, BNC melalui sebuah kampanye berusaha meningkatkan kesadaran publik bahwa financial literacy gap masih cukup besar di tengah masyarakat dan masih menjadi akar masalah dari besarnya angka underbanked (47 juta orang) dan unbanked (92 juta orang) di Indonesia.

"Kampanye ini lahir dari besarnya gap antara antara kebutuhan finansial dan literasi keuangan di masyarakat," kata Maritsen, Senin, 11 April 2022.

Saat in-depth interview dengan masyarakat Papua, tambahnya, BNC menemukan fakta rendahnya angka kepemilikan rekening di Papua salah satunya disebabkan oleh rasa segan masyarakat pada saat mengunjungi kantor cabang bank. Selain itu, tingkat kepemilikan kartu identitas sebagai syarat pelayanan dan keterbatasan mesin ATM juga menjadi faktor lainnya.

Melihat urgensi yang ada di masyarakat tersebut, BNC berkomitmen mengedukasi masyarakat. "Sebagai bank digital, kami sadar untuk mencapai pelayanan yang prima di era modern ini diperlukan banyaknya terobosan dan keberanian," pungkas Maritsen.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id