Jelang Akhir Tahun, Rupiah Siap Tembus Rp13.950/USD

    Despian Nurhidayat - 30 November 2020 08:02 WIB
    Jelang Akhir Tahun, Rupiah Siap Tembus Rp13.950/USD
    Foto: AFP.
    Jakarta: Jelang penghujung tahun, kurs rupiah terus mengalami penguatan yang dipengaruhi berbagai sentimen. Rupiah bahkan diprediksi bisa tembus Rp13 ribu per USD.

    Pada pekan lalu saja atau Jumat, 27 November 2020, rupiah ditutup menguat 0,07 persen atau 10 poin ke posisi Rp14.090 per USD jika dibandingkan dengan Kamis, 26 November 2020, saat rupiah bertengger di level Rp14.100 per USD.

    Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan isu vaksin masih menjadi sentimen positif untuk aset berisiko. Pada Jumat lalu, dia menambahkan, Presiden AS Donald Trump mengonfirmasikan distribusi vaksin di AS akan dilakukan pada awal Desember.

    "Ini bisa menjadi sentimen positif untuk aset berisiko dan rupiah di awal pekan depan. Saya perkirakan, potensi rupiah akan berada di kisaran Rp13.950 sampai Rp14.200 per USD pada pekan depan," ungkapnya kepada Mediaindonesia, Minggu, 29 November 2020.

    Ariston menilai aliran modal ke aset berisiko sudah terjadi belakangan ini menyusul info soal keberhasilan uji vaksin. Kekhawatiran pasar terhadap pandemi juga dikatakan sudah mereda dan pasar sudah mulai melihat prospek pemulihan ekonomi.

    "Sehingga sebagian pelaku pasar sudah ada yang mulai masuk ke aset berisiko, termasuk aset rupiah," ujar Ariston.

    Dia menegaskan jika hal ini terus berlanjut, bahkan jika pandemi sudah hilang dan proses pemulihan ekonomi membaik, bukan tidak mungkin potensi rupiah akan membaik ke level Rp13 ribu per USD atau lebih.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id