OJK Catat Dana Dihimpun dari Layanan Crowdfunding Lebih dari Rp273 Miliar

    Eko Nordiansyah - 08 Juni 2021 13:35 WIB
    OJK Catat Dana Dihimpun dari Layanan <i>Crowdfunding</i> Lebih dari Rp273 Miliar
    Ilustrasi. Foto: Antara/Aprilio Akbar



    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat adanya kenaikan jumlah dana yang dihimpun dari layanan urun dana berbasis teknologi atau crowdfunding. Hingga 31 Mei lalu, jumlah yang terkumpul dari layanan ini bisa mencapai lebih dari Rp273 miliar.

    Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen mengatakan, kenaikan ini terjadi setelah diterbitkannya Peraturan OJK (POJK) Nomor 57 Tahun 2020 yang merupakan perubahan dari aturan sebelumnya yaitu  POJK Nomor 37 tahun 2018.

     



    "Jumlah dana yang berhasil dihimpun juga mengalami peningkatan sebesar 43 persen menjadi sebesar Rp273 miliar lebih," kata dia dalam webinar di Jakarta, Selasa, 8 Juni 2021.

    Ia menambahkan, setelah diterbitkannya POJK 57/2020, jumlah penyelenggara layanan crowdfunding bertambah menjadi lima perusahaan. Jumlah UMKM selaku penerbit efek juga tumbuh 17 persen sejak awal tahun ini menjadi sebanyak 151 penerbit.

    "Dari sisi pemodal juga mengalami pertumbuhan sebesar 49 persen dari sebelumnya per Desember 2020 hanya berjumlah 22.341 pemodal menjadi sebanyak 33.300 investor atau pemodal," ungkapnya.

    Di akhir 2020, jumlah penyelenggara layanan crowdfunding baru empat perusahaan dengan penerbit sebanyak 129 perusahaan UMKM. Menurut Hoesen, jumlah ini masih kecil dibandingkan total UMKM yang mencapai 64 juta pelaku usaha.

    Untuk itu, OJK berharap agar para kepala daerah, DPRD, asosiasi, maupun civitas akademika di daerah untuk berpartisipasi menumbuhkan SCF ini. Tujuannya adalah untuk mendorong kemajuan dari para pelaku UMKM dan perekonomian Indonesia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id